IDENTIFKASI JENIS IKAN AIR TAWAR DI SUNGAI YOGI KECAMATAN FANAYAMA

Main Article Content

Ujianhati Zega

Abstract

Berdasarkan observasi awal, di ketahui bahwa ada beberapa jenis ikan air tawar di sungai Yogi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis ikan air tawar  yang terdapat di Sungai Yogi; serta bagaimana morfologi ikan air tawar dan kondisi ekosistem di Sungai Yogo Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil observasi, wawancara, dan juga dokumentasi dari peneliti. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara serta dokumentasi.Berdasarkan temuan peneliti di lapangan saat melakukan penelitian  di sungai Yogi dengan pembagian dari tiga stasiun, maka hasil penelitian terdapat 10 spesies ikan air tawar  dengan jumlah 172 ekor. Dengan persen penangkapan jenis ikan paling banyak ditemukan adalah jenis Masai sebanyak 45 ekor dengan (26%), diikuti oleh Seluang sebanyak 41ekor dengan (24%),Anculong dengan 33 ekor dengan (19%), Mujair dengan 28 ekor dengan (16%), Toman dengan 10 ekor dengan (6%), Betutu sebanyak 7 ekor dengan (4%), Jeler kecil sebanyak 4 ekor dengan (2%),Lele sebanyak 2 ekor dengan (1%), Gabus serta Belut sebanyak 1 ekor dengan (0,5%).Kesimpulan peneliti yaitu bahwa terdapat beragam jenis ikan air tawar di sungai Yogi Kecamatan Fanayama. Berdasarkan hasil penelitian maka saran peneliti agar hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber informasi serta menjaga pelestarian mengenai jenis ikan air tawar di setiap perairan sungai di daerah tertentu, diharapkan juga agar hasil penelitian ini diajarkan kepada peserta didik di sekolah untuk menambah wawasan mengenai berbagai jenis ikan air tawar serta morfologinya.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Zega, “IDENTIFKASI JENIS IKAN AIR TAWAR DI SUNGAI YOGI KECAMATAN FANAYAMA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 139, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Bungin, Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif : Analisis Data. PT. RajaGrafindo Persada: Jakarta.
Iqbal, Muhammad. 2011. Ikan-ikan Di Hutan Rawa Gambut Merang- Kepayang Dan Sekitarnya. Merang Redd Pilot Project: Palembang.
Moleong, Lexy. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif:Edisi Revisi.Remaja Rosdakarya:Bandung.
Rajo, J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif : Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Gramedia Widiasarana Indonesia: Jakarta
Radiopoetro. 2009. Zoologi. Erlangga: Jakarta.
Sarwono, J. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif : Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya Edis pertama. GrahaIlmu: Yogyakarta.
Sukmono, Tedjo, & Margaretha, Mira. 2017. Ikan Air Tawar Di Ekositem Bukit TigaPuluh. Yayasan Konservasi Ekosistem Hutan Sumatera dan Frankfurt Zoological Society: Jambi.
Sutrisno, 2010. Budidaya Ikan Air Tawar. Ganeca Exact.
Rahardjo, M . & Sjafei, Djadja. 2010. Iktiology. Lubuk Agung:Bandung.
Nurudin, Ahmad. 2013. Keanekaragaman Jenis Ikan Di Sungai Sekonyer Taman Nasional Tanjung Puting Kalimantan Tengah. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Suryoatmojo, Adikusoma. 2011. Efektifitas Penggunaan Kunci Determinasi Dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Pada Pembelajaran Klasifikasi Tumbuhan Di SMP Negeri 4 Temanggung. Skripsi Tidak Diterbitkan. Jurusan Biologi, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang: Semarang.
Umar, Ibnu. 2014. Identifikasi Ikan Air Tawar Hasil Tangkapan Nelayan Di Sungai Meureubo Hulu Kecamatan Pante Ceureumen Kabupaten Aceh Barat. Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Teuku Umar: Meulaboh.
Fitrah, Syawal & Irma Dewiyanti, Thaib Rizwa. 2016. Identifikasi Jenis Ikan Di Perairan Laguna Gampoeng Pulot Kecamatan Leupung Aceh Besar. Online, Vol. 1., No. 1.,( Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kelautan dan Perikanan Unsyiah Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh, diakses 20 Maret 2019) Hal 67.
Siemens Stem Day. The Key To It All. Science Tecnology Engineering Math, Online, diakses 19 maret 2019. Hal 7.
Wargasasmita, Sunarya. 2002. Ikan Air Tawar Endemik Sumatera Yang Terancam Punah. Online, Vol. 2., No. 2., ( Jurnal Iktiologi Indonesia, diakses 22 Maret 2019) Hal 41-42.
Atifah, Yusni & Lubis, Fitri. 2017. Keanekaragaman Jenis Ikan Di Sungai Batang Gadis Mandailing Natal Sumatera Utara. Online, Vol. 4., No. 4.,( Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Padangsidempuan, diakses 6 agustus 2019) Hal 216-218.
Kementerian Kelautan Dan Perikanan. 2012. Ikan Air Tawar Langka Di Indonesia. Indonesia.