PERAN GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 SROWOT

Main Article Content

Uci Krismawati Lia Mareza Agung Nugroho

Abstract

Peran guru dalam dunia pendidikan sangatlah penting untuk mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik., Guru merupakan peran utama yang menjadi ujung tombak keberhasilan pendidikan Indonesia. Dalam perannya, guru sebagai fasilitator dalam memberikan materi pengetahuan dan ketrampilan. Selain sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing peserta didik dan motivator. Guru membimbing menggunakan layanan responsive dan dukungan secara kelompok dan individu dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan prestasi belajar peserta didik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru kelas sebagai pelaksana layanan bimbingan konseling dalam menumbuhkan rasapercaya diri dan prestsai belajar peserta didik di SD Negeri 1 Srowot dan untuk melihat faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendektaan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kondisi lapangan berdasarkan fakta saat melaksanakan penelitian. Partisipan pada penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik dengan menggunakan pengumpulan data 1) Observasi; 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data penelitian ini menggunakan  triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa guru melakukan layanan bimbingan responsif dan layanan bimbingan dukungan dalam menumbuhkan rasa percaya diri dan prestasi belajar peserta didik di SD Negeri 1 Srowot dengan adanya faktor pendukung dari diri sendiri, guru dan orang tua. Faktor penghambat yaitu waktu dan tenaga pelatih.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Krismawati, L. Mareza, and A. Nugroho, “PERAN GURU KELAS SEBAGAI PELAKSANA LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 1 SROWOT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 203, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Aristiani, Rina. 2016. Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol (2). No (2). hlm 182-189.
Creswell, W.John. 2013. Research Design. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Juhji. 2016. Peran Urgen Guru dalam Pendidikan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Vol (10) No (1). hlm 52-62.
Ridwan, Amin. 2018. Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Studi Islam. Vol (4). No (1). hlm 1-13.
Widyastuti, Esy & Adi W.S. 2018. Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa dan fasilitas Belajar Disekolah dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Se-Kecamatan Umbulharjo. Prosiding SeminarNasional Etnomatnesia. ISBN:978-602-6258-07-6.