PENGEMBANGAN MEDIA SETARA BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Fajar Makkih Nasution . Yoyok Yermiandhoko

Abstract

materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia kelas IV. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Prestest- Posttest Control Group Design, dengan menggunakan model penelitin dan pengembangan model 4D. Responden penelitian ini kelas IV dengan kelompok eksperimen berjumlah 20 dan kelompok kontrol berjumlah 20. Instrumen menggunakan angket validasi, angket kepraktisan dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dengan rumus Independent Sample T-Test. Setelah diberikan perlakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan peningkatan hasil belajar peserta didik yang dilihat dari hasil uji-t. Pada uji T-test menunjukkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen mendapatkan sig. (2-tailed) sebesar 0,022 lebih besar dari 0,05 yang menunjukan tidak ada perbedaan signifikan pada hasil pretest peserta didik. Sedangkan pada posttest diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar  0,00 yang menunjukan terdapat perbedaan hasil belajar kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan mengunakan media Setara berbasis android.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Makkih, N. ., and Y. Yermiandhoko, “PENGEMBANGAN MEDIA SETARA BERBASIS ANDROID PADA PEMBELAJARAN IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA DI INDONESIA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 275, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

5. DAFTAR PUSTAKA
Ariani., & Haryanto (2010). Pembelajaran multimedia di sekolah. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.
Aritona., Eva Maulana., & Satyaputra. (2014). Beginning Android programming with ADT bundle. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Darmawan, Deni. (2016). Mobile Learning sebuah aplikasi teknologi pembelajaran. Jakarta: PT rajagrafindo persada.
Daryanto, (2013). Media Pembelajaran, Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava media.
Guliz, Naciye (2016). An Analysis Of Mobile Learning Acceptance By College Student. Jurnal of education and instructional studies in the word. Vol 6, article 05. ISSN 2146-7463.
Munadi, Yudhi. (2010). Media pembelajaran. Jakarta : GP Press group.
Musfiqon. (2012). Pengembangan media & sumber pembelajaran. Jakarta : PT prestasi pustakarya.
Mustaji. (2016). Media pembelajaran. surabaya : Unesa university press.
Purnama (2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Safaat H (2015). Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: informatika.
Salamah, E. R. (2017). Penggunaan Media Wayang Pada Pembelajaran IPS Materi Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Metodik Didaktik. 12(2), 57-65. DOI 10.17509/md.v12i2.7684.
Sapriya (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, wina (2011). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta : prenada media group.
Susanto, Ahmad. (2014). Pengembangan pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.