MAKNA VERBA ‘MEMBERSIHKAN’ DALAM BAHASA NIAS: PENDEKATAN METABAHASA SEMANTIK ALAMI

Main Article Content

Kalvintinus Ndruru

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada investigasi terhadap makna konfigurasi dan analisis penjelasan verba “membersihkan” dalam bahasa Nias melalui orientasi teori Metabahasa Semantik Alami (MSA). Investigasi ini dilakukan dengan penerapan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara bebas dan teknik pencatatan. Data diperoleh dari leksikon bahasa Nias, khususnya varian kata kerja “membersihkan”. Analisis data dilakukan dengan teknik identifikasi. Hasilnya disajikan dengan metode formal dan informal, yang meliputi penyajian data yang dianalisis dalam bentuk uraian kata dan elaborasi untuk memberikan informasi yang detail dan lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sejumlah leksikon yang diindikasikan oleh bentuk varian dari konsep kompromi tersebut, seperti manasai, manejosi, mamijini, mosese, dan manehura. Diperoleh bahwa perbedaan spesifik dari setiap leksikon dapat dikenali dalam entitas/keberadaan, proses, material, dan hasil tersiratnya

Article Details

How to Cite
[1]
K. Ndruru, “MAKNA VERBA ‘MEMBERSIHKAN’ DALAM BAHASA NIAS: PENDEKATAN METABAHASA SEMANTIK ALAMI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 918, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Chaer, Abdul. 1995. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.
Goddard, Cliff. 1996. Semantic Theory and Semantic Universal (Cliff Goddard Con-vensor) Cross Linguistic Syntax from Semantic Point of View (NSM Ap-proach) 1-5 Australia.
Juniarti. 1998. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud.
Kridalaksana, Harimukti.2008. Kamus Lin-guistik. Jakarta: Gramedia.
Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia.
Wierzbicka, Anna. 1996. Semantics: Prime and Universal. Oxford: Oxford University.