PENERAPAN METODE MIND MAPPING MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA SEMESTER I

Main Article Content

Itgo Hatchi Lia Purnama Sari

Abstract

Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar mahasiswa semester I Program Studi Pendidikan Biologi STKIP Tapanuli Selatan pada mata kuliah Pengantar Pendidikan, sehingga diperlukan metode perkuliahan yang sesuai. Metode yang diterapkan adalah metode mind mapping, dikarenakan dengan metode mind mapping mahasiswa dapat lebih baik dalam memahami materi dibandingkan dengan metode lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas mahasiswa dalam mata kuliah Pengantar Pendidikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data dalam penelitian dengan lembar observasi aktivitas mahasiswa dan angket kepuasaan mahasiswa terhadap pernerapan metode mind mapping. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa terjadi peningkatan aktivitas mahasiswa dari pertemuan siklus I ke pertemuan siklus II dimana rata-rata persentase ketuntasan yang diperoleh untuk siklus I 45,45% dan rata-rata siklus II 81,82%.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Hatchi and L. Sari, “PENERAPAN METODE MIND MAPPING MATA KULIAH PENGANTAR PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA SEMESTER I”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, p. 16, Mar. 2018.
Section
Artikel