MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA

Main Article Content

Lia Purnama Sari Nenni Faridah Lubis

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian eksperimen adalah metode penelitian yang memberikan perlakuan dan mengukur akibat perlakuan. Metode penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk menunjukkan hubungan sebab dan akibat dengan melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran guide inquiry lebih baik dap pada metode konvensional dilihat dari hasil belajar siswa kelas XI MIA SMA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran guide inquiry dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa. Ini dilihat dari perbedaan hasil belajar siswa dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen didapatkan rata-rata nilai 80 sedangkan pada kelas kontrol didapatkan rata-rata nilai 70,13. Sedangkan hasil analisis data untuk observasi penggunaan model guide inquiry didapatkan rata-rata skor 86,25% berada pada kategori sangat baik. Sehingga model guide inquiry ini baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Sari and N. Lubis, “MODEL PEMBELAJARAN GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 400, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Agus, Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Chodijah, Siti., Fauzi, Ahmad., & Wulan, Ratna. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 1(1), 1-19
Hamzah, B. Uno. (2010). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdian. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri. [On Line] tersedia: http://herdy07.wordpress.com/20 10/05/27/model-pembelajaraninkuiri/ (2010)
Hutahaean, Juniar & Siagian, Hana Daforosa R. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (GUIDED Inquiry) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 12 Medan T.P. 2015/2016. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan. 2(3), 31-35
Sirait, Erlando Doni. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 6(1), 35-43.
Sukma, Komariyah, L., & Syam, Muliati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika. 18(1), 59-63.