PERAN PENTING AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN DARING

Main Article Content

Aris Priyanto

Abstract

Akhlak menjadi salah satu hal yang penting dalam masa pembelajaran daring. Pendidikan dengan metode pembelajaran daring ini apabila tidak dibarengi dengan peran akhlak akan membuat nilai-nilai pendidikan tidak bisa membentuk karakter dan kepribadian yang baik. Apalagi pembelajaran daring tidak bisa secara langsung terjadinya komunikasi tatap muka antara pendidik dengan siswa. Hal itu tentu mengurangi dari makna hubungan kedekatan antara pendidik dan siswa.Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data berupa studi literatur dari berbagai refrensi yang relevan melalui pengamatan peran akhlak bagi siswa MA selama pembelajaran daring. Penelitian ini berusaha mengkaji terhadap peran penting akhlak dalam masa pembelajaran daring. Melalui penelitian ini juga, penulis mampu mengetahui tentang beberapa alasan pentingnya peranan akhlak selama pembelajaran daring. Karena pembelajaran daring ini sangat jauh dari nilai-nilai pendidikan yang sesungguhnya yaitu terwujudnya sebuah pendidikan yang mampu membentuk karakter dan kepribadian siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Priyanto, “PERAN PENTING AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN DARING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 93, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Agustian, Ary, Ginanjar, 2001, Rahasia Sukses Membangaun Kecerdasan Emosional dan Spiritual, ESQ, Emotional Spiritual Quotient, Jakarta: Arga.
Anwar, Rosihon, 2010, Akhlak Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia.
Basyir, Ahmad, Azhar, 1993Refleksi Atas Persoalan Ke-Islaman, Seputar Filsafat, Hukum, Politik dan Ekonomi, Bandung: Mizan.
Hasan, M. Ali, 1978, Tuntunan Akhlak, Jakarta: Bulan Bintang.
Hidayat, Nur, 2013, Akhlak Tasawuf, Yogyakarta: Ombak.
Ilyas, Yunahar, 2012, Kuliah Akhlak, Yogyakarta: LPPI.
Isma’il, Fu’ad Farid, Mutawalli, Abdul Hamid, 2012, Cara Mudah Belajar Filsafat (Barat dan Islam), Yogyakarta: Ircisod.
Iswanto, Gatot, 2013, Mengolah Mata Hati Melalui Relaksasi Meditasi Hipnosis, Jakarta: Tugu Publisher.
Jamhari, Muhammad, A. Zaenudin, 1999, Al-Islam 2: Muamalah dan Akhlak, Bandung: Pustaka Setia
Jarkawi, 2006, Pembentukan Kepribadian Anak, Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri, Jakarta: PT Bumi Aksari.
M. Syatori, 1987, Ilmu Akhlak, Bandung: Lisan.
Nata, Abudin, 2009, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Tamami, 2011, Psikologi Tasawuf, Bandung: Pustaka Setia.
Zohar, Danah, Marshall, Ian, 2000, SQ: Spiritual Intelegence-The Ultimate Intelegence, Terj. Rahmani Astuti, dkk, SQ: Kecerdasan Spiritual, Bandung: Mizan Media Utama.