IMPROVE MATHEMATICS LEARNING RESULTS CLASS VI SD STUDENTS THROUGH THE USE OF IMAGE MEDIA

Main Article Content

Sugiarni .

Abstract

Dalam pembelajaran Matematika, khususnya tentang pembelajaran luas gabungan bangun datar, peneliti sekaligus sebagai guru/pengajar dikelas VI merasa bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi luas gabungan bangun datar yang disajikannya. Kondisi ini mengunggak guru untuk mengasakan perbaikan proses pembelajaran dengan mengadakan PTK, Guna meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pembelajaran tersebut. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan dengan mengadakan perbaikan proses perbaikan pembelajaran dengan menggunakan gambar-gambar gabungan bangun datar sebagai alat peraganya. PTK ini dilaksanakandalam tiga siklus, dengan dibantu oleh teman sejawat sebagai pengamat yang mengamati dan mengisi lembar pengamatan yang disediakan oleh peniliti. Sedangkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh teman sejawat dijadikan behan pertimbangan untuk melakukan langkah selanjutnya. Di dalam pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas ini, terlihat meningkatnya kemampuan siswa pada setiap tahap perbaikan pembelajaran. Sebelum diadakan perbaikan pembelajaran nilai siswa terhadap materi yang disajikan rata-rata adalah 60, 5. Setelah diadakan perbaiakan pada siklus II nilai siswa rata-rata 73 bahkan pada siklus III nilai rata-rata siswa menjadi 84. Ini menunjukkan adanya kemajuan yang dicapai siswa setelah diadakan perbaikan pembelajaran. Upaya ini didukung oleh langkah-langkah pembelajaran yang cukup efektif dan efiseien.


 

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., “IMPROVE MATHEMATICS LEARNING RESULTS CLASS VI SD STUDENTS THROUGH THE USE OF IMAGE MEDIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 108, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Arsyad, Azhar (2002). Media Pembelajaran. Jakarta. Rajawali Pers.
Asrori, M, dan Ali, M. (2011). Psikologi Remaja. Jakarta; Bumi Aksara
Fisher, Alec. (2014). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga
Hamalik Oemar (1996). Media Pendiddikan. Bandung : Alumni.
Hermawan, Asep, dkk(1997) Strategi Belajar Mengajar. Jakarta; Universitas Terbuka,
Herryanto, Nar, Hamid, H.M. Akib (1992). Statistika Dasar. Jakarta; Universitas Terbuka,
M. Khafid, Suyati. (2004). Matematika Penekanan Pada Berhitung. Jakarta; Erlangga,
Prihandoko, A. C. (2006). Memahami Konsep Matematika Secara Benar Dan Menyajikannya Dengan Menarik. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan.
Subana, M dan Sudrajat. (2005). DasarDasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia.
Susilo. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher
Susanto, Ahmad. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardani, IGAK, dkk (2004). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta ; Universitas Terbuka,