PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Muliana .

Abstract

Sikap kedisiplinan siswa kelas III SDN 24/IX PUDAK yang rendah, terlihat dari hasil pembagian kuesioner kondisi awal. Melihat hasil kondisi awal mendorong peneliti untuk meningkatkan sikap kedisiplinan di kelas III SDN 24/IX PUDAK. Menggunakan model Paradikma Pedagogi Reflektif merupakan solusi pemecahan masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menggambarkan dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran model pedagogi reflektif untuk meningkatkan sikap kedisiplinan dalam pembelajaran PKn bagi siswa kelas III SD Negeri 24/IX PUDAK 2) Mengetahui dan meningkatkan peningkatan sikap kedisiplinan menggunakan model paradigma pedagogi reflektif pada pelajaran PKn bagi siswa kelas III SDN 24/IX Pudak. Pelaksanaan dalam penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang merupakan penelitian tindakan kelas. Terdiri dari 2 pertemuan pada siklus I dan terdiri dari 1 pertemuan siklus II. Siswa Kelas III SDN 24/IX PUDAK yang merupakan subjek penelitian Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 31 siswa. Dalam pembelajaran model yang digunakan yaitu paradikma pedagogi reflektif. Sikap kedisiplinan siswa Objek penelitian ini dalam pembelajaran PKn. Data sikap kedisiplinan siswa diperoleh dari lembar kuesioner kedisiplinan yang diisi oleh siswa pada akhir siklus I dan II. Menggunakan model pembelajaran paradikma pedagogi reflektif terlihatpada hasil penelitiandapat meningkatkan sikap kedisiplinan siswa. Kondisi awal nilai rata-ratanya adalah 71,32 terjadi peningkatan sikap kedisiplinan siswa pada dengan persentase jumlah siswa kedisiplinan minimal cukup 64,51% (rendah). Persentase jumlah siswa kedisiplinan minimal cukup 93,55% (sangat tinggi) pada capaian siklus I rata-rata nilai sikap adalah 83,52. Sedangkan capaian siklus II dengan rata-rata nilai 86,71 dengan persentase jumlah siswa kedisiplinan minimal cukup 100% (sangat tinggi).

Article Details

How to Cite
[1]
M. ., “PENINGKATAN SIKAP KEDISIPLINAN DALAM PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL PARADIGMA PEDAGOGI REFLEKTIF BAGI SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 126, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Raja Grafindo.
Aqib, Zainal. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.
Azwar, Saifuddin. (2019). Sikap Manusia dan Teori Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Darmadi, Hamid. (2010). Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Alfabeta.
Fathurrohman, Puput, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.
Hurlock, B Elizabeth. (1989). Perkembangan Anak Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Istiqomah, H. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbukan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. ISSN: 1693-1246.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Az – Ruzz Media.
Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. (2010). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Barat: Indeks.
Lickona. (2014). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
Martono, Nanang. (2010). Statistik sosial: Teori dan aplikasi program SPSS. Yogyakarta: Gava Media.
Morrisan. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Mulyasa, E. (2008). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Siregar, S. (2010). Statistika Deskriptif Untuk Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Subagya, Chris. (2008). Paradigma Pedagogi Reflektif. Yogyakarta: Kanisius.
Subagya, Chris. (2010). Paradigma Pedagogim Reflektif Mendampingi Siswa Menjadi Cerdas dan Berkarakter. Yogyakarta: Kanisius.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, Paul. (2019). Pembelajaran di Perguruan Tinggi Bergaya Paradigma Pedagogi Refleksi (PPR). Yogyakarta: Unversitas Sanata Dharma.
Supriyanto, D. (2013). Penerapan metode pembelajaran student teams achievement division (STAD) untuk meningkatkan kedisipslinan dan hasil belajar siswa SMAN plus sukowono jember. (Skripsi yang tidak dipublikasikan): Universitas Jember, Jember.
Suryadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Utami. (2010). Praktik PAKEM PKn SD: Panduan Praktis Mengajar Pkn Di Kelas II Dengan Aktif, Kreatif, Dan Menyenangkan (Jilid2). Jakarta: Erlangga.
Wahana, Paulus. (2010). Nilai Etika Aksiologia Max Scheler. Yogyakarta: Kanisius.
Widiyanti. (2012). Pengaruh Pendidikan Karakter dengan Pendekatan PPR Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepribadian Siswa. (Skripsi yang tidak dipublikasikan): Surakarta : Universitas Sebelas Maret,
Wiriaatmadja, Rochiati, (2007). Metode Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya