ENSIKLOPEDIA BUDAYA TAPPATAMA (TAPANULI SELATAN, PADANG LAWAS, TAPANULI UTARA DAN MANDALING) BERBASIS ANDROID UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN CINTA BUDAYA BANGSA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Lukman Hakim Siregar Yasir Maulana Rambe Umar Kholil Lubis

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengenalan budaya daerah lokal kepada anak sekolah dasar melalui ensiklopedia budaya daerah Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Tapanuli Utara dan Mandailing (Tappatama). Mengenalkan budaya pakaian adat, ulos dan makanan khas daerah tappatama yang dikemas dalam bentuk ensiklopedia, dan bagaimana membuat ensiklopedia budaya tappatama menggunakan software android dan di pasangkan di perangkat smartphone android khususnya anak sekolah dasar usia (6-8 tahun). Adapun tujuan khususnya untuk melihat efektifitas ensiklopedia budaya tappatama berbasis android menjadi pendekatan dalam memperkenalkan budaya kepada anak sekolah dasar. Urgensi yang diharapkan agar anak sekolah  dasar  mengenal  pakaian  adat,  ulos  dan  asal  mula  makanan  khas  berasal,  sehingga identitas budaya tetap terjaga dan terpelihara. Merancang ensiklopedia budaya yang dibangun dengan software android adalah upaya pengembangan media dalam mempelajari budaya lokal lebih dekat kepada anak sekolah dasar sehingga pendekatan melalui smartphone ini akan lebih mudah untuk mengenali sejarah dan asal mula makanan khas, pakaian adat dan ulos daerah Tappatama. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data-data pakaian adat, ulos dan makanan khas daerah tappatama yang akan divisualkan melalui ensiklopedia berbasis android. Adapun tahapan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, analisis kebutuhan sistem, perancangan ensiklopedia budaya dan kesimpulan. Dalam pengumpulan data metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. penelitian kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme yang biasanya digunakan untuk meneliti pada kondisi objektif yang alamiah dimana peneliti berperan sebagai instrument kunci. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan pada hasil analisis deskriptif. Adapun dalam tahap Perancangan ensiklopedia yang digunakan adalah versi Luther, dimana untuk membuat ensikopedia budaya digunakan metode ini dan harus melalui enam tahapan. Tahapan dari metode Luther adalah sebagai berikut Distribution, Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Siregar, Y. Rambe, and U. Lubis, “ENSIKLOPEDIA BUDAYA TAPPATAMA (TAPANULI SELATAN, PADANG LAWAS, TAPANULI UTARA DAN MANDALING) BERBASIS ANDROID UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN CINTA BUDAYA BANGSA SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 944, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Ade Khadijatul, 2018. Jurnal LPPM UGN. “Kreatifitas Kerajinan Parompa Sadun Dapat Meningkatkan Pendapatan Ibu Rumah Tangga Di Wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan”. Padangsidimpuan : Universitas Graha Nusantara.
Anonim. (2012, 20 February 2012 ). "Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 6-12 Tahun." 23 September 2016, from http://pondokibu.com/pertumbuhan-dan-perkembangan-anak-usia-6-12-tahun.html. (diakses tanggal 19 Agustus 2019).
Defrianto D. Kridalukmana, dkk. 2015. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. "Pengembangan Permainan Edukatif Ragam Budaya Nusantara Berbasis Android". Semarang: Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Hal 380.
Ernawati Br Surbakti. 2014. Jurnal Telangkai Bahasa dan Sastra. “Nilai Budaya Dalam Leksikon Erpangir Ku Lau Tradisi Suku Karo (Kajian Antropolinguistik)”. Tahun Ke-8 No.1 Hal 95-107. Politeknik Negeri Lhokseumawe. Hal. 97.
Kurniadi dan Budianto. 2018. Jurnal Cloud Information."Rancang Bangun Aplikasi Wisata Kabupaten Kuningan Berbasis Android Menggunakan Metode Location Based Service (LBS)". Kuningan: Fakultas Ilmu Komputer Sistem Informasi Universitas Kuningan. Hal 30.
Mailin, dkk, 2018. Al-Balagh: Jurnal Komunikasi Islam. “Makna Simbolik Mengupa Dalam Upacara Adat Pernikahan Suku Batak Angkola di Kabupaten Padang Lawas”. Medan : Universitas Islam Sumatera Utara.
Nurhaeda. 2018. Early Childhood Education Indonesian Journal. "Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di Paud Terpadu Mutiara Hati Palu". Palu: Program Studi PG PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palu. Hal 71.
Permana B. Hidayat, dkk. 2018. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT)."Aplikasi Ensiklopedia Pakaian Adat Dunia Berbasis Android". Tasikmalaya : Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Siliwangi. Hal 152.
Prihartanta, W. (2015). Ensiklopedia umum (Nasional). Jurnal Adabiya, V(85), 1-14.
Saliyo. 2012. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. "Konsep Diri dalam Budaya Jawa ". Kudus: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Hal 26.
Sugiarto. Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi. “Menyimak Kembali Integrasi Budaya di Tanah Batak Toba”. Semarang : Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Negeri Semarang.
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Widiastuti. 2013. Jurnal Ilmiah Widya. “Analisis Swot Keragaman Budaya Indonesia”. Volume 1 Nomor 1 Mei-Juni. Universitas Darma Persada. Hal. 9.