PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PENDEKATAN BARMAIN LONGU PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Zalwisna .

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 48/IX Sarang Burung Kecamatan JALUKO Muaro Jambi kurang memuaskan dimana siswa pada tes evaluasi akhir belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Berdasarkan latar belakang penelitian maka ditemukan permasalahan oleh peneliti yaitu “Apakah melalui pendekatan permainan lompat kanguru sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 48/IX Muaro Jambi tahun Pelajaran 2017. Peneliti  menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebai metode yang digunakan dalam penelitian ini. Pada siklus I hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata akhir kelas 71,9 yang menggunakan 2 siklus dan 4 pertemuan dengan nilai persentase ketuntasan 76% nilainya masih kurang memuaskan. Pada siklus II, dilanjutkan nilai yang dihasilakan sesuai dengan yang diinginkan yaitu nilai rata-rata akhir kelas 75,04 dengan nilai persentase 95,2%. Menggunakan data pengamatan dilapangan dan kuesioner pengumpulan data dilakukan yang diperoleh dari evaluasi. Melalui pendekatan bermain lompat kanguru pada materi lompat jauh dengan menggunakan media botol aqua dan pralon sebagai sarana dan prasarana pembelajaran mengalami peningkatan merupakan hasil penelitian yang ditemukan peneliti dalam hasil belajar siswa kelas V SD Negaeri 48/IX Sarang Burung Kecamatan JALUKO Muaro Jambi.


 

Article Details

How to Cite
[1]
Z. ., “PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PENDEKATAN BARMAIN LONGU PADA SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 139, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Munib, Achmad Dkk. (2007). Pengantar Ilmu Pendidikan.Semarang: UPT MKK Universitas Negeri Semarang.
Sugandi, Achmad Dkk. (2007). Teori Pembelajaran.Semarang: UPT MKK Universitas Negerisemarang.
Syarifuddin, Aip Dkk. 1992. Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan.Jakarta: Departemen Pendidkan Dan Kebudayaan.
Bismo Suryatmo, Dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Untuk Kelas IV. Jakarta:PT. Widyautama.
Bismo Suryatmo, Dkk. 2006. Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Untuk Kelas V. Jakarta:PT. Widyautama.
Suwarso, Eko dkk.(2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan.Jakarta: Arya Duta
Juari, dkk. (2010). Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta: Bina Pustaka.
Purwaningsih, Puji. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Penggunaan Media Botol Plastik Pada Siswa Kelas V SD Negeri Sibebek Kec. Bawang Kab. Batang. Skripsi S-1. Semarang. UNNES.
Sugiyanto dan Sudjarwo. (1991). Perrkembangan dan belajar gerak, modul 1 – 6. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Sujadi, Untung. 2012. Penggunaan Media Balok Berjenjang Dalam Pembelajaran Senam Keseimbangan Pada Siswa Kelas III SD Negeri Karangtejo Kec.Jumo Kab. Temanggung. Skripsi S-1. Semarang. UNNES.