UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL)

Main Article Content

Suryani .

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis matematika. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui dan memaparkan penerapan PBL untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis, (2) meningkatkan dan mengetahui peningkatan hasil belajar, dan (3) mengetahui dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan dengan dua siklus Subjek penelitian adalah siswa kelas III A SD Negeri 208/IX Sumber Jaya 28 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan kuesioner. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar pengamatan, tes soal uraian, dan lembar kuesioner. Analisis data menggunakan statistika deskriptif. Langkah-langkah pembelajaran PBL yang meliputi: 1) orientasi siswa pada masalah, 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) membantu penelitian mandiri dan kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah, dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis. Rata-rata kondisi awal 71,92 meningkat pada siklus I sebesar 77,89 dan pada siklus II sebesar 90,82. Pencapaian KKM juga mengalami peningkatan kondisi awal 64,28% dengan KKM 70, meningkat siklus I sebesar 85,18% dengan KKM 75, dan siklus II menjadi 82,14% dengan KKM 80. Peningkatan kemampuan berpikir kritis, kondisi awal dengan nilai 50,35 kriteria sangat tidak kritis dan meningkat pada kondisi akhir sebesar 71,62 dengan kriteria cukup kritis dengan rentang nilai 1-100.


 

Article Details

How to Cite
[1]
S. ., “UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SD MELALUI PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASE LEARNING (PBL)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 213, Oct. 2020.
Section
Artikel

References

Alec Fisher. 2008. Berpikir Kritis Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga.
Amir, T. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arends, Richard I. 2013. Belajar untuk Mengajar.Jakarta: Salemba Humanika.
Arikunto, A. 2010. Penelitian Tindakan 2010. Yogyakarta: Aditya Media.
Gunantar, Gd, dkk. (2014).Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Diunduh pada 19 November 2019, dari http://ejournal.undiksha.ac.id
Hendriana, dan Soemarmo, U. 2014. Penelitian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama
Kartika, D.L. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Division Kelas IV SDN Ngapel Purworejo. Skripsi. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma
Kuswana. 2011. Taksonomi Berpikir Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya
. 2012. Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berpikir. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Majid. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Rosdakarya
Pratiwi, Ni Wayan Wida Gian, dkk. (2013). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Materi Pecahan Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD Saraswati Tabanan. Diunduh pada 19 November 2019, dari http://ejournal.undiksha.ac.id
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia Indonesia
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sundayana, R. 2019. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika.
Bandung: Alfabeta
Supratiknya, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar Dengan Teknik NonTes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma
Susanto, A. 2012 Teori Belajar dan Pembelajaran di Dekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.