PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SD MATERI BANGUN RUANG BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR)
Main Article Content
Abstract
Hasil observasi menemukan bahwa bahan ajar matematika sekolah dasar yang digunakan di sekolah-sekolah belum menuntut siswa untuk terlibat aktif membangun pengetahuan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik yang praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assessment stage. Data penelitian diperoleh dari uji praktikalitas dan efetivitas. Data uji kepraktisan diperoleh dari hasil analisis observasi pelaksanaan pembelajaran, angket respon siswa dan guru, dan hasil wawancara dengan siswa dan guru. Data keefektifan dilihat dari observasi aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil uji praktikalitas keterlaksanaan bahan ajar dari sudut pandang guru adalah kategori praktis, dan dari sudut pandang siswa rata-ratanya adalah kategori sangat praktis. Aktivitas siswa meningkat selama pembelajaran dan tingkat ketuntasan belajar siswa 91,17% dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,17. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan pendidikan matematika realistik yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif.
Article Details
References
Depdiknas. 2010. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.