ANALISIS FITOKIMIA TUMBUHAN SUKU EUPHORBIACEAE SEBAGAI TUMBUHAN BERPOTENSI OBAT DI BUKIT SIMARSAYANG KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Dwi Aninditya Siregar

Abstract

Sumber keanekaragaman hayati di Indonesia merupakan salah satu kekayaan alam yang berperan penting dalam berbagai lapisan masyarakat.  Kondisi sekarang ini, masyarakat sudah banyak mengkonsumsi obat yang berasal dari bahan alami (herbal) karena memiliki efek samping yang rendah dibandingkan dengan obat yang mengandung bahan kimia. Untuk itu peneliti ingin mencoba menganalisis senyawa fitokomia pada suku Euporbiacea yang berpotensi sebagai ekstrak bahan dasar obat. penelitian ini adalah deskriptif, dengan langkah-langkah yaitu : 1) Melakukan pengambilan sampel. (2) Pembuatan Simplisia yang mengacu pada metode maserasi. Sampel daun dari tanaman famili Euphorbiaceae dikering anginkan di tempat yang tidak terdedah sinar matahari langsung, sampel daun mengering, dihaluskan menggunakan blender sehingga terbentuk serbuk halus (simplisia). (3) Analisis fitokimia dilakukan dengan cara menguji ekstrak tanaman Euphorbiaceae.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Siregar, “ANALISIS FITOKIMIA TUMBUHAN SUKU EUPHORBIACEAE SEBAGAI TUMBUHAN BERPOTENSI OBAT DI BUKIT SIMARSAYANG KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 6, no. 2, p. 97, Mar. 2018.
Section
Artikel