PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA

Main Article Content

Eva Yanti Siregar Eva

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  motivasi belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika  (KPKM) siswa dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tidakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah  siswa  kelas  VIII-1 MTs Muhammadiyah 22  Padangsidimpuan  dengan  jumlah  siswa  26  orang.  Objek penelitian  adalah  tingkat motivasi belajar siswa  dan KPKM siswa yang  diberi  pembelajaran matematika  dengan pendekatan kontekstual pada materi  sistem persamaan linier dua variabel.  Hasil    penelitian  menunjukkan    bahwa penerapan  pembelajaran    matematika  dengan pendekatan kontekstual memberikan    dampak    positif    terhadap  peningkatan   motivasi belajar dan KPKM  siswa  yang    ditunjukkan    dengan  peningkatan nilai rata-rata dan ketuntasan klasikal. nilai   ketuntasan  klasikal  siswa  pada siklus  I  yaitu  73,08 %  dan  siklus  II  96,15%. Selanjutnya pada KPKM siswa ketuntasan  klasikal  siswa  pada siklus  I  yaitu  80,77 %  dan  siklus  II  92,31%. Dengan demikian melalui dua siklus penelitian tindakan kelas yang dilakukan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan motivasi belajar dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (KPKM) siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Y. S. Eva, “PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 370, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Ahmad, M. & Nasution D.P. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development, 7(2), 103-112. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/883/395
Ahmad, M., Siregar, Y. P., Siregar, N. A., & Effendi, H. Realistic Math-Based Learning Model Based on Mandailing Culture. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR) Volume, 39, 67-78. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/4CP5Y
Depdiknas. (2006). Peraturan menteri Nomor 22 tahun 2006, tentang Standar Pendi-dikan Nasional.
Emda, A., 2018. Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Fathir, M. and Sabrun, S., 2015. Penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis hands on activity pada materi statistika untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 1(2), pp.131-139. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v1i2.133
Halimatusadiah, A.M.A., Maulana, M. and Syahid, A.A., 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berstrategi React Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), pp.791-800. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11215
Herawati, O.D.P., Siroj, R. and Basir, D., (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70-80. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/36182281/5_okti_70-80.pdf?1420642998=&response-content-
Kadir, A., 2013. Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika ilmu, 13(1), 17-38. https://doi.org/10.21093/di.v13i1.20
Kesumawati, N., (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 229-235. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/61579377/konsep_matematis20191221-53493-1p7iulq.pdf?1576989775=&response-content-
Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.
Mawaddah, S. and Maryanti, R., (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389-400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133
Rangkuti, N.A. (2016). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Citapustaka Media.
Sanjaya,W., (2006). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan, Kencana Frenada Media Grup, Jakarta.
Sari, J., & Hayati, F. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Kubus Dan Balok. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 14 - 25. https://doi.org/10.21067/pmej.v2i1.2838
Suprihatin, S., 2015. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144
Ulya, I.F., Irawati, R. and Maulana, M., 2016. Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), pp.121-130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940
Yadin, M., Rohaeti, E. E., Zanthy, L. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2 (5), 337-344. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p337-344
Zuliana, E. (2017). Penerapan Inquiry Based Learning berbantuan Peraga Manipulatif dalam Meningkatkan Pemahaman Kon-sep Matematika pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muria Kudus. Lectura: Jurnal Pendidikan, 8(1), 35–43. https://doi.org/10.31849/lectura.v8i1.269