ANALISIS KONSEP DAN KEDUDUKAN MATA KULIAH WAJIB UMUM AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN UMUM

Main Article Content

Silmi Kapatan Inda Robby

Abstract

Mata Kuliah Wajib Umum terdiri atas Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia. Pada sebagian besar lembaga perguruan tinggi, penyelenggaraan MKWU belum sesuai harapan yang ditandai oleh:  1) dosen pengampunya bukan orang yang  berkompeten dalam bidangnya, 2) tidak memiliki latar akademik yang memadai, 3) diselenggarakan dalam kelas-kelas besar, 4) lembaga pengelola tidak memiliki konsen yang kuat. Penelitian ini menggunakan studi literatur. Data yang diperoleh kemudian dikompulasi dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MKWU Agama Islam merupakan program pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi yang menunjang pembentukan kepribadian utuh dan kompetensi seorang lulusan pendidikan tinggi dalam rangka membina warga negara sarjana yang menjadi manusia Indonesia seutuhnya melalui penanaman nilai-nilai dan semangat menerapkan nilai-nilai, untuk mencapai kebahagiaan hidup dunia akhirat. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan pengelolaan MKWU PAI secara profesional dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
S. K. Robby, “ANALISIS KONSEP DAN KEDUDUKAN MATA KULIAH WAJIB UMUM AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN UMUM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 363, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Alwasilah, A. Chaedar. (2012). Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Djahiri, K. (1996), Menelusuri Dunia Afektif, Pendidikan Nilai dan Moral, Bandung: Lab. Pengajaran PMP IKIP Bandung.
Faiz, dkk. (2020). Internalisasi Nilai Kesantunan Berbahasa Melalui Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial Volume 29, Nomor 1, Juni 2020. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpis
Faiz, A dan Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.12 (2) : 155-164.
Faridah. (1992). Konsep Dasar Pendidikan Umum dan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) serta Kedudukan MKDU dalam Pengembangan Program Pendidikan Umum di Perguruan Tinggi. (Tesis). Bandung: Program Pascasarjana IKIP Bandung.
Fathurrohman, N. (2018). Konsep Kurikulum Mata Kuliah Agama Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum Berbasis KKNI (Studi Implementasi Pembelajaran MKWU –PAI di Unsika). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani Volume 2 No. 1, 2018. Hal. 509-522.
Ganeswara, Ganjar M. (2009). Aktualisasi Pendidikan Umum di UPI dalam Upaya Mengembangkan Lulusannya sebagai Warga Negara yang Baik. (Disertasi). Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.
Hastangka dan Prasetyo. (2019). Analisis Pelaksanaan Mata Kuliah Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Jurnal Rontal Keilmuan PKn Vol. 5/ No.2/November 2019, hal. 1
Hidayatulloh,SF. (2013). Manajemen Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Institut Pertanian Bogor). Jurnal Pendidikan Islam. Volume XXVIII, Nomor 2, hal. 186-202
Kuswanjono, Arqom. (2018). Capaian Pembelajaran MKWU. (Makalah). Padang: Lokakarya Capaian Pembelejaran Lulusan MKWU Universitas Andalas.
Mastuhu, M. (2007). Sistem Pendidikan Nasional Visioner. Jakarta: Lentera Hati.
Nurdin, Encep S. (2017). Model Kelembagaan Lembaga Pengelola Mata Kuliah Wajib Umum di Perguruan Tinggi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Riyanto, Astim. (2009). Model Penyelenggaraan Mata Kuliah Umum di Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI dan Ditjen Dikti Depdiknas.
Rizal, Syamsu. (2015). Hakekat Pendidikan Agama dalam Konteks Pendidikan Umum. Bandung: SPs UPI
Sarbaini. (2015). Cakrawala Pendidikan Umum. Banjarmasin: UPT MKU Universitas Lambung Mangkurat.
Sumantri, Endang. (2008). Pendidikan Umum. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian IV: Pendidikan Lintas Bidang. Bandung: Imtima.
Saepudin, J dan Shaleh, K. (2018). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Institut Teknologi Bandung. Jurnal “Al-Qalam” Volume 24 Nomor 2 Desember 2018, hal. 259
Sauri, S. (2010). Membangun Bangsa Berkarakter Nilai Iman dan Takwa dalam Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Nilai Karakter. Volume 28. Tahun 2010.
Tafsir, Ahmad. (2008). Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam. Bandung: Maestro.
Zuchdi, Darmiyati. (2010). Humanisasi Pendidikan: Menemukan Kembali Pendidikan yang Manusiawi. Jakarta: Bumi Aksara.