META ANALYSIS OF DISCOVERY LEARNING LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF SD STUDENTS

Main Article Content

Yusina Ina Farida Maubanu Indri Anugraheni

Abstract

 




Article Details

How to Cite
[1]
Y. I. Maubanu and I. Anugraheni, “META ANALYSIS OF DISCOVERY LEARNING LEARNING TO IMPROVE LEARNING OUTCOMES OF SD STUDENTS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 420, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Amin, A., & Suardiman, S. P. (2016). Perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar dan model pembelajaran. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 12-19.
Arika, Istiana,Galuh, Agung Nugroho dan J.S Sukardjo.(2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi BelajarPokok Bahasan Larutan Penyangga Pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret. 4, (2), hal.67
Astuti, M. S. (2015). Peningkatan Keterampilan Bertanya Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SDN Slungkep 03 Menggunakan Model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10-23.
Aziz, A., Budiyono & Subanti, S. (2017), “The Effect of Inquiry Learning and Discovery Learning on Student Learning Achievement Viewed from Spatial Intelligence”, Southeast Asian Mathematics Education Journal”, 7 (2), 59-69.
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-10.
Fauzi, A., Zainuddin, Z., & Atok, R. (2018). Penguatan karakter rasa ingin tahu dan peduli sosial melalui discovery learning. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 2(2), 83-93.
Fitri, R. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Hardini, A. (2017). The Implementation of Inquiry Method To Increase Students’ Participation And Achievement In Learning Social Studies. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2).
Haryani, Y. (2017). Penggunaan Model Discovery Learning terhadap Peningkatkan Kemampuan Koneksi dan Komunikasi Matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 43-52.
Illahi, Mohammad Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategi & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Juniati, Ni Wayan.(2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD No 05 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi S1 UNDIKSHA. Bali: Tidak Diterbitkan
Kristin, F. .(2016). Efektivitas Model Pembelajaran Koopertif Tipe STAD ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD . Scholaria, Vol 6 No 2, , 74-79.
Kusmaryono, H. (2015). Efektifitas pembelajaran diskoveri-inkuiri berbantuan cd interaktif terhadap hasil belajar materi kurs tukar valuta asing dan neraca pembayaran di SMA Negeri 1 Bae Kudus. Dinamika Pendidikan, 10(1), 16-27.
Moh. Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011), hal. 7
Mubarok, C., & Sulistyo, E. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Discovey Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X TAV Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System Di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3, 215 – 221.
Puspitadewi, R., Saputro, A. N. C., & Ashadi, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap Sma N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(4), 114-119.
Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).
Rohim, F., & Susanto, H. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Siahaan, F. B. (2017). Application of Discovery Learning Model for Solving System of Linear Equations Using GeoGebra. International Journal of Applied Engineering Research, 12(19), 9195-9198
Sibuea, Shomali Kurniawan, Syaukani, Wahyudin Nur Nasution. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Darul Hikmah TPI Medan. Edu-Riligia 3 (3), 386-393.
Suhendri, H. (2011). Pengaruh kecerdasan matematis–logis dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1). MIPA,1(1).
Vahlia,Ira.(2014).Ekperimentasi Model Pembelajaran Discovery dan Group Investigation terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Siswa: Aksioma. 3 (2): 43-54.
Wardani, dkk.(2012). Asesmen Pembelajaran SD Bahan Ajar Mandiri. Semarang: Widya Sari Pres.