EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI MOTIVASI DAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM BELAJAR EKONOMI

Main Article Content

Toharuddin Harahap Tohar Marajudan Rambey Marzuki Ahmad

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ditinjau dari motivasi dan self-efficacy siswa dalam belajar ekonomi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu, dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah  seluruh  siswa kelas  XI SMA Negeri Padangsidimpuan. Sampel  penelitian  ini  yaitu  siswa kelas  XI  IIS-1 dan IIS-2 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Kelas IIS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah sampel 32 siswa dan kelas IIS-2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar angket motivasi belajar dan self-efficacy. Berdasarkan analisis data  ditinjau dari motivasi belajar, maka peningkatan motivasi belajar siswa kelas eksperimen signifikan dan lebih baik dan kelas kontrol. Selanjutnya perolehan nilai N-gain kelas eksperimen (0,38=kategori sedang) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (0,29=kategori rendah). Selanjutnya ditinjau dari self-efficacy siswa kelas eksperimen signifikan dan lebih baik dari pada kelas kontrol. Demikian juga perolehan nilai N-gain kelas eksperimen (0,44=kategori sedang) lebih baik dari pada kelas kontrol (0,32=kategori sedang). Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan self-efficacy siswa dalam belajar ekonomi.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Tohar, M. Rambey, and M. Ahmad, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DITINJAU DARI MOTIVASI DAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM BELAJAR EKONOMI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 407, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis, dan Remidiasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Alsa, A., 2015. Pengaruh metode belajar Jigsaw terhadap keterampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa fakultas psikologi. Jurnal Psikologi, 37(2), 165-175. Retrieved from https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/download/7727/5975
Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy The Excercise of Control. USA: W. H Freeman and Company.
Dewayani, A.G. & Suprapto, N. (2019). Keterkaitan Self-efficacy dalam Pembelajaran Fisika Materi Gas Ideal dan Teori Kinetik Gas dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa. Inovasi Pendidikan Fisika 8(2), 512-515. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/27366/25036
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pem-belajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fianti, I. I. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Upaya Memperbaiki Kualitas Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas IV SDN Banjartanggul Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(3), 1-10. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12192
Handayani, F. & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan Self Efficacy dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi. 1(2), 1-5. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/1868/5240
Jumarniati, J., & Ekawati, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 142-152. http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.715
Monika & Adman (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal pendidikan manajemen perkantoran. 2(2), 219-226. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8111
Purnamasari, V., Sundari, S. dan Suryandari, G., 2016. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Harga Diri Mahasiswa Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. IJNP (Jurnal Praktik Keperawatan Indonesia) , 1 (1), 61-67. https://doi.org/10.18196/ijnp.1153
Rumiyatun, R. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi. Dinamika Pendidikan, 7(1), 43-52. http://dx.doi.org/10.15294 / dp.v7i1.4916
Subaidi, A. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Sigma. (1)2, 64-68. http://dx.doi.org/10.0324/sigma.v1i2.68
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Suharto (2017). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Lingkaran dengan Metode Penemuan Terbimbing. Cakrawala: Jurnal Pendidikan. 11(2), 91-99. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.841
Suprijono, A. (2010). Cooperatif Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.