DAMPAK PELATIHAN ASSERTIVE COMMUNICATION TERHADAP PENURUNAN WORKPLACE BULLYING PADA TENAGA PENGAJAR PADA PERKGURUAAN TINGGI DI KOTA BINJAI

Main Article Content

Nurul Hasanah Khairina Afni

Abstract

Workplace bullying adalah situasi dimana beberapa orang selama beberapa periode menerima dan melakukan perbuatan negatif kepada satu atau beberapa orang dalam situasi ini dimana target dari bullying memilliki kesulitan dalam membela diri sendiri melawan aksi negatif. Penelitian bertujuan untuk mengurangi workplace bullying  pada tenaga pengajar di Perguruan Tinggi di Kota Binjai setelah mendapatkan pelatihan assertive communication. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiemen dilakukan pada 64 tenaga pengajar di perguruan tinggi di kota Binjai yang mana mereka diberikan tes sebelum  dan sesudah  pelatihan untuk melihat penurunan dari workplace bullying. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yaitu Cluster Sampling. Rancangan eksperimen yang digunakan adalah pretest posttes one grup design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala Workplace Bullying disusun dalam bentuk skala likert. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah uji pair t test untuk melihat penurunan workplace bullying pada  tes sebelum dan sesudah pelatihan. Hasil skor uji pait t test menunjukkan  nilai asymp. Sig. (2-tailed) < 0,05  sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan terdapat penurunan workplace bullying yang signifikan antara skor pretest dan post test setelah mendapat pelatihan assertive communication. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pelatihan assertive communication  dapat menurunkan terjadinya workplace bullying pada tenaga pengajar di perguruan tinggi di Kota Binjai.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Hasanah and K. Afni, “DAMPAK PELATIHAN ASSERTIVE COMMUNICATION TERHADAP PENURUNAN WORKPLACE BULLYING PADA TENAGA PENGAJAR PADA PERKGURUAAN TINGGI DI KOTA BINJAI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 482, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Adana, F., Erdagi, S., Elis, S., Aktas, B., Kiransal, N., Bicer, N. Akca, D. (2010). Development of levels of nurses working in Kars Istanbul University. Journal of Florence Nightingale Nursing College, 18(3), 120- 127.
Ashforth, B. E., Harrison, S. H., & Corley, K. G. (2008). Identification in organizations:An examination of four fundamental questions. Journal of Management 34 No.3. 325-374.
Efe, S. Y., & Ayaz, S. (2010). Mobbing against nurses in the workplace in Turkey. International Nursing Review, 57, 328-334. doi:10.1111/j.1466-7657.2010.00815.
Einarsen, S. (2000). Harassment and bullying at work: A review of the Scandinavian approach. Aggression and Violent Behavior, 5(4), 379-401.
Einarsen,S. (2000). Harassment and bullying at work: A review of theScandinavian approach. Aggression and Violent Behavior, 5 (4), 379-401
Einarsen, S, & Hoel, H. (2001). The negative acts questionnaire : Development,validation and revesion of a measure of of bullying at work. 10th European Congress on Work and Organizational Psychology, Prague.
Felson, R.B. & Tedeschi, J.T. (1993). Aggression and Violence: Social Interactionist
Perspectives. Washington DC: American Psychological Association.

Finchilescu, G., Bernstein, C., & Chihambakwe, D. (2018). The impact of workplace bullying in the Zimbabwean nursing environment: is social support a beneficial resource in the bullying–well-being.
Hamid, S. (2014). Manajemen sumber daya manusia lanjutan. Yogyakarta: Deepublish
Hoel, H. & Cooper, C. (2000). Destructive conflict and bullying at work. Study Report. Manchester: University of Manchester Institute of Science and Technology.
Griffin, R. W. (2004). Manajemen. Jakarta: Erlangga.
Gundogdu, R. (2012). Effect of the creative drama-based assertiveness program on the assertiveness skill of psychological counselor candidates. Educational Sciences: Theory & Practice, 12, 687-693.
Jacobson, Kathryn JL. Hood, Jacqueline N. dan Buren III, Harry J Van. (2013). Workplace bullying across cultures: A research agenda. International Journal of Cross Cultural Management. DOI: 10.1177/1470595813494192
Jackson, L. (2018). Reconsidering vulnerability in higher education. Tertiary Education and Management, 24(3), 232–241.
Oade, A. (2009). Managing workplace bullying. Basingstoke: Palgrave Macmillan.
Sanjaya, E. dan Indrawati, D. 2014. Pengaruh Kompetensi, Kompensasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Pande Agung Segara Dewata. E-Jurnal Manajemen Universitas, 3(1), 205-224
Salin, D. (2003). Ways of explaining workplace bullying: A review of enabling, motivating and precipitating structures and processes in the work environment. Human Relations, 56(10), 1213
Tsuno, K., & Kawakami, N. (2015). Multifactor leadership styles and new exposure to workplace bullying : a six-month prospective study. Industrial Health, 139–151.
Westhues, K. (2006). The remedy and prevention of mobbing in higher education: Two case studies. Lewiston: Edwin Mellen Press. 1232.relationship.