PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASIS PENELITIAN MICROSOFT OFFICE 2013 PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN

Main Article Content

Sari Wahyuni Rozi Nasution Hanifah Nur Nasution

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan bahan pengajaran seperti buku pelajaran yang mendukung dalam penelitian Microsoft Office 2013 untuk mahasiswa vokasional Informatika di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian , perancangan dan implementasi, dimana hasil penelitian menjadi bahan ajar yang dikembangkan untuk mendukung mata kuliah Aplikasi Komputer. Model pengembangan telah disiapkan menggunakan Model ADDIE. Model pengembangan ADDIE merupakan model desain pembelajaran yang berlandasan pada pendekatan sistem yang efektif dan efisien serta prosesnya yang bersifat interaktif yakni hasil evaluasi setiap fase dapat membawa pengembangan pembelajaran ke fase selanjutnya. Hasil akhir dari suatu fase merupakan produk awal bagi fase berikutnya. Model ini terdiri atas 5 fase atau tahap utama yaitu 1) Analyze (Analisis), 2) Design (Desain), 3) Develop (Pengembangan), 4) Implement (Implementasi), 5) Evaluate (Evaluasi) Sumber data dalam penelitian ini meliputi penelitian laboratorium dan validasi lembar hasil ahli bahan komputer, ahli desain pembelajaran, media, dan uji coba pada mahasiswa. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan kualitatif deskriptif eksploratif. Hasil penelitian telah berkembang menjadi bahan ajar seperti buku pelajaran yang mendukung buku dan telah divalidasi oleh ahli materi,dan para ahli bahan Microsoft Office 2013, ahli desain pembelajaran, media, pengujian individu, dan uji coba kelompok. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kondisi rancangan bahan ajar berbasis penelitian microsoft office 2013 pada matakuliah aplikasi komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Untuk mengetahui implementasi bahan ajar berbasis penelitian microsoft office 2013 pada matakuliah aplikasi komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini merupakan pengukuran data. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif jika ditinjau dari segi datanya. Peneliti mulai berfikir secara induktif, pengukuran data kuantitatif dan statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang atau penduduk yang diminta menjawab atas sejumlah pertanyaan tentang survei untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mereka. Adapun tahapan dari metode penelitian ini adalah Observasi, Tes dan dokumentasi. Berdasarkan tujuan dari penelitian perancangan dan implementasi bahan ajar Microsoft Office 2013 pada matakuliah aplikasi komputer di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Article Details

How to Cite
[1]
S. W. Rozi Nasution and H. Nasution, “PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI BAHAN AJAR BERBASIS PENELITIAN MICROSOFT OFFICE 2013 PADA MATA KULIAH APLIKASI KOMPUTER DI INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 415, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Agus, M. (2008). Perihal Bahan Ajar. Bandung : FIKIP Uninus
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
B.Uno, Hamzah. (2007). Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta : PT. Bumi Aksara
Depdiknas. (2008). Pengembangan Materi Pembelajaran. Jakarta : Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Sekolah Menengah Atas
Dharma, Surya. (2008). Penulisan Bahan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
Kementerian pendidikan dan kebudayaan. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Untuk Mata Pelajaran IPA. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Lukman & Ishartiwi. (2014). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model MindMap untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. (Vol. 1. No. 2. Hlm 112). http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp/article/view/2523, yang diakses pada 16 Juni 2015 pukul 8.08 WIB
Rahdiyanta, Dwi. (2017). Teknik Penyusunan Bahan. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
Ramdhani, Sendi. (2016). Analisis Kemampuan Mahasiswa Program Studi Matematika Dalam Membuat Bahan Ajar Dengan Perangkat Lunak Geogebra Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.Jurnal Analisa Prodi Pendidikan Matematika, 2(3), 27-36
Riduwan. (2009). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula.Bandung : Alfabeta
Santyasa, I.W. (2009). Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Bahan. Diakses pada 18 Mei 2019, dari http://www.freewbs.com/santyasa/pdf2/METODE_PENELITIAN.pdf.
Sudjana, N,. & Rivai, A. (2003). Teknologi Pengajaran. Bandung: CV. Sinar Baru
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D .Bandung : Alfabeta
Taniredja,Tukiran. Prof. Dr. (2011). Penelitian Kuantitatif (Sebuah Pengantar). Jakarta: Alfabeta