PEMANFAATAN PENILAIAN PROYEK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK

Main Article Content

Khoiril .

Abstract

Kurangnya minat siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya guru memilih model pembelajaran. Oleh karenanya, peneliti mencoba menerapkan penilaian proyek untuk meningkatkankeaktifan dan prestasi belajarsiswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini diterapkan terhadap peserta didik kelas IX-B SMP Negeri 26 Surabaya untuk materi Expression of Congratulation dan Imperative Sentence dalam Tahun Ajaran 2019-2020. Dalam proses belajar bahasa Inggris dapat dilihat dari aktifitas guru dan peserta didik yang mengalami peningkatan melalui model pembelajaran dengan penilaian proyek. Hal tersebut dapat dilihatdari aktifitas guru yang meningkat dari skor perolehan pada siklus pertama 71.67 % dan pada siklus kedua menjadi 88.34%. Demikian juga pada aktifitas peserta didik yang mengalami peningkatan dari skor perolehan pada siklus pertama sebesar 70.00 % menjadi 90.00 % pada siklus kedua.Prestasi belajar peserta didik juga menunjukkan dampak positif. Hal ini dapat dilihat dari semakin meningkatnya pemahamann dan penguasaan peserta didik terhhadap materi yang telah disampaikan guru selama ini dengan nilai rata rata kelas 78.875 pada siklus pertama menjadi 86.175 pada siklus kedua. Sedang untuk ketuntasan belajar berdasarkanKKM meningkatdari siklus pertama dan siklus keduayang masing-masing 70.00% menjadi 87.50%pada siklus kedua. Artinya, pembelajaran Bahasa Inggris dengan penilaian proyek telah tuntas.

Article Details

How to Cite
[1]
K. ., “PEMANFAATAN PENILAIAN PROYEK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 254, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arikunto,Suharsimi.1988. Penilaian Program pendidikan – Proyek Pengembangan LPTK. Jakarta : Depdikbud Dirjen Dikti.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Tiga Pilar Kebijakan renstra Untuk Pendidikan Bermutu, Akutabel, Murah, Merata dan terjangkau. Jakarta: Dirjen Pendidikan Non Formal dan In Formal
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Standar Pengolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Dirjen Menejemen Dikdasmen.
Dinas Dikbud Jatim. 2003. Implementasi UU Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional – Perlunya Disusun dan Dilaksanakan Melalui Delapan Standar. Surabaya: Kanwil Dikbud Jatim
Gardner, Howard. 1983. Frame of Mind : The Theory of Multiple Intelligences, Tenth – Anniversary Edition. New York : Basic Books
Ivor K Davis. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta : Rajawali Press
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Inggris, Thinks Globally Act Locally. Jakarta : Dikbud
Mimin Haryati. 2007. Model dan Teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Gaung Persada
Narbuko, Cholid dan Ahmadi, Abu. 2003. Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara
Slavin, Robert. 2008. Cooperative Learning : Theory, Research and Practice. London : Allyn and Bacon
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning - Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Surachmad, Winarno. 1973. Dasar dan Teknik Research. Bandung : Tarsito
Tim Penyusun Kamus Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Bina Pustaka.
Universitas Negeri Surabaya. 2005. Hasil Semiloka Pengembangan Metode pembelajaran Berbasis Kompetensi – Buku Suplemen Metode Pembelajaran Aktif dan Kreatif. Surabaya : FIS – Pendidikan Sejarah