MEMBANGUN APLIKASI GAME SLIDE SCROLLER DENGAN KONSEP OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL

Main Article Content

Januardi Rosyidi Lubis

Abstract

Penelitian ini untuk membuat sebuah game Slide Scroller.  Ruang lingkup penelitian ini adalah Konsep object oriented programming (OOP), mulai dari pengertian class, interface, encapsulation, inherintence, serta polymorphism. Objek yang dibuat hanya seputar rancangan dari aplikasi game slide scroller yang didesain menggunakan adobe flash cs3 professional. Rancangan logika dasar program yang dibagi menjadi beberapa class. Penerapan konsep Object Oriented Programming (OOP) pada aplikasi game  slide scroller yang dilakukan dengan penelitian modul program dengan action script 3.0.


Logika program aplikasi game Slide Scroller dengan konsep Object Oriented Programming (OOP) mempunyai beberapa tahap-tahap inti seperti perancangan Context Diagram pada tahap awalnya yang dilanjutkan dengan Data Flow Diagram Level 0. Penelitian script pada aplikasi game Slide Scroller ini ditujukan untuk mengatur jalannya permainan, serta mengatur animasi latarbelakang game. Pada game Slide Scroller ini, yang menjadi target permainan adalah untuk mengumpulkan poin dengan batas yang telah ditentukan dengan play object shooting burung dengan pergerakan objek dari layar kanan kelayar kiri dan sebaliknya pada monitor. Selanjutnya apabila sudah mencapai poin yang telah ditentukan, maka pemain melanjutkan kelevel selanjutnya sampai pada level akhir.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Lubis, “MEMBANGUN APLIKASI GAME SLIDE SCROLLER DENGAN KONSEP OBJECT ORIENTED PROGRAMMING (OOP) MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS3 PROFESSIONAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 2, no. 2, p. 87, Mar. 2018.
Section
Artikel