OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MATA KULIAH MEDIA KOMPUTER DENGAN PENUGASAN (ASSIGNMENT) MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN

Main Article Content

Januardi Rosyidi Lubis Efendi Rambe

Abstract

Kegiatan penelitian berawal dilakukan karena dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mahasiswa Institut Pendidikan Tapanuli Selatan tahun ajaran 2015/2016 di Institut Pendidikan Tapanuli Padangsidimpuan. Oleh karena itu melalui pengoptimalan dengan penugasan pada mata kuliah Media Komputer. Berdasarkan tes yang dilakukan pada mahasiswa prodi Bahasa Inggris sebagai kelas tanpa penugasan, nilai yang tertinggi yang diperoleh mahasiswa adalah 91 sedangkan nilai terendahnya adalah 62. Dari keseluruhan skor yang diperoleh mahasiwa, diketahui bahwa jumlah mahasiwa yang berhasil mencapai nilai ketuntasan adalah sebanyak 20 orang, sedangkan yang belum mencapai nilai ketuntasan berjumlah 12 orang, untuk nilai ketuntasan minimum ditetapkan nilainya yaitu 69. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-tes). Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas yang menggunakan penugasan mengalami peningkatan terhadap hasil belajar yang diperoleh mahasiswa. Hasil belajar mahasiswa dari latihan 1 Ms Word, latihan 2 Ms Word, Latihan 1 Ms Excel dan latihan 2 Ms Excel dengan menggunakan metode Hungarian dapat diperoleh alokasi waktu optimal. Mahasiswa dengan melaksanakan keempat tugas yang diberikan dosen, mahasiswa 10 orang diambil sampel dengan menggunakan metode Hungarian diperoleh waktu optimasi yang didapat adalah 3 jam 26 menit. Penugasan berkaitan dengan keinginan dosen dalam mendapatkan pembagian atau alokasi tugas (penugasan) yang optimal, dalam arti apabila penugasan tersebut berkaitan dengan pengalokasian waktu maka bagaimana alokasi tugas atau penugasan tersebut dapat memberikan hasil yang baik. Oleh karena itu, hal ini disebabkan karena pada mata kuliah media computer mahasiswa dibimbing untuk dapat menggunakan kemampuan potensinya dengan baik serta dapat mengalokasikan waktu dengan seoptimal mungkin.

Article Details

How to Cite
[1]
J. Lubis and E. Rambe, “OPTIMALISASI HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI MATA KULIAH MEDIA KOMPUTER DENGAN PENUGASAN (ASSIGNMENT) MENGGUNAKAN METODE HUNGARIAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 2, p. 8, Mar. 2018.
Section
Artikel

References

Dimyatidan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.
Departemen Pendidiakan dan Kebudayaan, 1994.Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Balai Pustaka.
Djamarah, SyaifulBahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RineksaCipta.
Djamarah.Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar.Jakarta: RineksaCipta.
Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Agustini, A.D dan Y. Rahmadi.2004.Riset Operasional. PT RinekaCipta, Jakarta.
Prawirosentono, S. 2005. Riset Operasi dan Ekonomi fisika. PT. Bumi Aksara, Jakarta.
Soemartojo, N. 1997.Program Linear. Depdikbud Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.
Taha, A.H. 1996. Riset Operasi Jilid I. Binarupa Aksara. Jakarta.
Ahmadi, Nuril. 2007. Permainan Bola Basket.Solo :EraIntermedia.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010.Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Maksum, A. 2009. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Tanpa Penerbit.
Sagala, Syaiful. 2012. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
UNESA. 2000. Pedoman Penulisan Artikel Jurnal,Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.