PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP MASSENGER WEB GRUP TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA 7A SMPN 1 BALONGBENDO SIDOARJO

Main Article Content

Muhammad Rifai Gempur Santoso Sumardi .

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan modul pengembangan bahan ajar Media Whatsapp Massenger Web Grup sebagai media pelaksanaan pelayanan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan kepada siswa, modul pengembangan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan untuk mempermudah guru dan sebagai salah satu alternativ metode yang bisa di gunakan oleh guru dalam aktivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan metode pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dengan Media Whatsapp Massenger Web Grup yang berisi tentang pembelajaran dengan pendekatan secara psikologis ke siswa. Produk pengembangan melalui beberapa tahapan mulai uji coba ahli desain pembelajaran dan ahli materi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan, kemudian pembuatan angket yang di validasi oleh ahli materi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dan juga ahli psikologi olahraga, kemudian di uji coba lapangan mulai teman sejawat beserta siswa, guru kelompok kecil beserta siswa dan guru kelompok besar beserta siswa, tempat uji coba pada guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan di SMPN 1 Balongbendo Sidoarjo, teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan menilai respon para guru dan siswa Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dan di analisis menggunakan statistic deskriptif yang penyajianya dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, uji validasi produk oleh ahli desain pembelajar dengan persentase 96% sangat baik, ahli materi Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dengan persentase 97,5 % sangat baik, pada uji coba lapangan mulai dari teman sejawat dengan persentase 87.5% sangat baik dan siswa Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan teman sejawat dengan persentase 80,55% sangat baik, uji coba kelompok guru kelompok kecil dengan persentase 87,5% sangat baik dan siswa kelompok kecil dengan persentase 86,8% sangat baik, uji lapangan guru kelompok besar dengan persentase 90,1% sangat baik dan siswa kelompok besar 87,6% sangat baik. Dengan demikian modul pengembangan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dengan Media Whatsapp Massenger Web Grup layak digunakan oleh para guru PJOK khususnya pada saat mengajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Rifai, G. Santoso, and S. ., “PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP MASSENGER WEB GRUP TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN PADA SISWA 7A SMPN 1 BALONGBENDO SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 303, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Ali Maksum, 2011, Psikologi olahraga Teori dan Aplikasi, Surabaya, Unesa University Press.
Apta Mylsidayu, 2015, Psikologi Olahraga, Jakarta, PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Gunarsa, Singgih D, 2008, Psikologi Olahraga Prestasi, Jakarta, PT BPK Gunung mulia
Husdarta, 2011, Psikologi Olahraga, Bandung, Alfa Beta
ICT 4 sport education pojokpenjas blogspot. co.id/2007/12/ penjas html,24 mei 2018
Idzam Fautanu, 2012, Filsafat ilmu Teori & Aplikasi, copy rigt, hands book
Jujun S S, 2017, Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Copy rigt, hands book
Komarudin, 2013, Psikologi Olahraga, Bandung, PT Remaja Rosdakarya
Mardiana Ade dkk.2014. Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Banten:Universitas Terbuka
Mudlofir Ali, Rusydiyah Evi Fatimatur.2017. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktek. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Punaji, 2015, Media Penelitian Pendidikan& Pengembangan, Malang, PT Kharisma Putra Utama.
Purwanto M Ngalim.2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rajehs, S. (2015). Efektivitas sosial media dalam pendidikan.Edisi 10.Sekolah Tinggi Teknik dan Teknologi SCMS. Hal 29-31.
Rudipradisetia.com/2010/06/rangkuman-buku-filsafat-ilmu-karangan.html
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Saifuddin Azwar, 2017, Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar
Saifuddin.2013. Belajar Dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2017. Media Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto, 2016, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Sumaryoto dan Soni, 2017, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA kela IX, jakarta, kemendikbud RI.
Suryabrata, Sumadi, 2005, Pengembangan Alat Ukur Psikologis, Yogyakarta, CV Andi Offset
Syah, Muhibbin.2014. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Tim Nasional Dosen Kependidikan.2016. Guru yang profesional. Bandung: Alfabeta.
Yudhianto (2017).Penggunaan Whatsapp Kian Mencengangkan.DetikInet, hlm.1.Diambil tanggal 31 agustus 2017. http://inet.detik.com/cyberlife/
Uno, Hamzah B.2011. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.