PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS APLIKASI ANDROID AYO BERFANTASI BAGI SISWA KELAS VII SMP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Main Article Content

Bella Nindi Hariatin Putri Suyatno . Syamsul Sodiq

Abstract

Penelitian ini berupaya mengembangkan media pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas media menulis teks cerita fantasi berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi bagi siswa SMP Kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Researchs and Development /R&D). Penelitian pengembangan media ini didasarkan pada model pengembangan four-D yang disarankan oleh Thiagarajan, dkk. (1974). Subjek uji coba adalah siswa kelas VII yang mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia. Uji coba kelompok kecil dilakukan pada 12 siswa secara acak sebagai perwakilan dari kelas VII A – VII E masing-masing dua dan tiga orang, sedangkan uji coba kelompok besar dilakukan pada kelas VII D dengan jumlah 35 siswa. Data penelitian ini berfokus pada proses pengembangan dan kualitas media dalam pembelajaran. Data proses pengembangan diperoleh dari studi pustaka, wawancara dan diskusi, validasi, angket, dan tes hasil belajar siswa. Data kualitas media diperoleh dari hasil uji coba produk. Hasil penelitian ini adalah (1) deskripsi proses pengembangan media berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi dirancang melalui tiga tahap yakni pendefinisian, perencanaan, dan pengembangan, dan (2) deskripsi kualitas media pengembangan berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi berdasarkan produk yang diuji melalui kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian kevalidan media diperoleh dari penilaian tim validator sebesar (96%) dengan kategori sangat valid. Data kepraktisan media diperoleh dari hasil penilaian pengamat terhadap keterlaksanaan RPP sebesar (92%) dengan kategori sangat baik, respon siswa (80%) dengan kategori positif dan adanya kendala lapangan yang dapat teratasi. Data keefektifan media diperoleh dari aktivitas siswa (84%) dengan kategori baik, aktivitas guru (93%) dengan kategori sangat baik, dan hasil ketuntasan belajar siswa (91%) dengan kategori tuntas. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis aplikasi android Ayo Berfantasi bagi siswa kelas VII SMP dengan pendekatan saintifik dinilai sangat berkualitas dan layak diterapkan.

Article Details

How to Cite
[1]
B. N. Putri, S. ., and S. Sodiq, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA FANTASI BERBASIS APLIKASI ANDROID AYO BERFANTASI BAGI SISWA KELAS VII SMP DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 337, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Alwi, Hasan dkk. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur penelitian suatu peneliti praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
------------. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdikbud. 2013. Buku Guru: Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan: SMP/M.Ts. Kelas VII. Jakarta: Depdikbud RI.
Depdikbud. 2013. Permendikbud RI Nomor 81a tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 2014. Permendikbud RI Nomor 58 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 2014. Permendikbud RI Nomor 103 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Tingkat Dasar dan Tingkat Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud. 2014. Permendikbud RI Nomor 104 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Tingkat Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdikbud.
Endraswara, Suwardi. 2002. Metode Pengajaran Apresiasi Sastra. Yogyakarta: CV Radhita Buana.
Gani, Rizanur. 1988. Pengajaran Sastra Indonesia: Respond an Analisis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Hasyim, Adelina. 2016. Metode Penelitian dan Pengembangan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.
Kemendikbud. 2014. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Dirijen. Dikdas/SMP.
Kemendiknas. 2011. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Kegiatan Naskah Bahan Kerjasama, Informasi dan Publikasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional.
Kemendiknas. 2012. Bahan Uji Coba Publik Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Meuftia, Ayu Candra. 2015. Pengembangan Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Semester Genap Bermuatan Multikultural dengan Model Learning Cycle 5E. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Mispamarti. 2014. Pengembangan Media CAI dengan Program Windows Movie Maker untuk Pembelajaran Menulis Kreatif Puisi Model Tutorial SMP Kelas VII. Tesis Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Munadi, Yudhi. 2012. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Munir, M.I.T. 2012. Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Nasution, Nur Hanifah. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/issue/view/47. Diakses pada 4 April 2019.
Nieveen, Nienke and Tjeerd Plomp, Jan Van den Akker, Robert Maribe Branch, Kent Gustafsan. 1999. Design Approaches and Tools in Education and Training. Netherlands: Springer-Science-Business Media.
Nurgiyantoro, Burhan. 1987. Penilaian dan Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPFE.
-----------------. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
-----------------. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada.
Nuroifah, Nisfatun. 2015. https: //jurnal mahasiswa. unesa. ac. Id/index. php/ jmtp/ article/ view/ 12074: diakses pada 4 April 2019.
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2015. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya.

Rusadi, Hikmah 2016. https: //www. Researchgate .net/ publication/ 325120145 Pengembangan_Media_Pembelajaran_Berbasis_Android_ChemBird_Pada_Materi_Kimia_Kelas_XI_di_SMA_Makassar. Diakses pada 4 April 2019.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. Dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sodiq, Syamsul. 2010. Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Literasi: Disertasi. Surabaya: UNESA.
Sriningsih, Retno. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V SD. Tesis. Yogyakarta: UNY.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Suherli, dkk. 2016. Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Sunarti. 2011. Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Laporan Perjalanan Berbasis Multimedia Model 4-P untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojowarno 2010/2011. Tesis. Surabaya: UNESA.
Suprianto Bambang & Kafil Ahmad. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flash Pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Konsep Dasar Sensor Dalam Elektronika Industri Di Smk Negeri 2 Lamongan. Jurnal Unesa.
Susmini. 2015. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Autoplay pada Pembelajaran Teks Cerita Pendek untuk Siswa SMP/MTS Kelas VII dengan Pendekatan Saintifik. Tesis. Surabaya: UNESA.
Suyatno. 2019. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Thiagarajan, Semmel D. & Semmel M. 1974. Instructional Develovment for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: Grant.
Tim Unesa. 2011. Bahan Pelatihan Applied Aproach. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Yektyastuti, Resli. DKK. https:// journal. uny. ac. id/ index. php/ jipi/ article/ view/ 10289. Diakses pada 4 April 2019.
Yulianto, Bambang. Dkk. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.