THE EFFECTIVENESS OF THE SETS-ORIENTED GUIDED INQUIRY MODEL LEARNING DEVICES TO TRAIN STUDENTS' CRITICAL THINKING SKILLS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Keefektifan perangkat pembelajaran dianalisis berdasarkan hasil tes keterampilan berpikir kritis dan respons peserta didik terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode angket. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketercapaian keterampilan berpikir kritis peserta didik, sedangkan metode angket digunakan untuk mengetahui respons peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang digunakan. Uji coba terhadap perangkat pembelajaran dilakukan pada 75 peserta didik kelas VIII MTs Nurul Huda menggunakan metode one grup pre-test post-test design experimental. Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor keterampilan berpikir kritis peserta didik mengalami peningkatan setelah diterapkannya pembelajaran SETS dengan kategori tinggi. Selain itu, sebagian besar peserta didik memberikan respons positif terhadap komponen pembelajaran dan menunjukkan minat yang baik untuk mengulangi pembelajaran dengan pendekatan SETS. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing dengan pendekatan SETS efektif digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik .
Article Details
References
Bialik, M., & Fadel, C. (2015). Skills for the 21st Century: What Should Student Learn. Boston: Center for Curriculum Redesign.
Binadja, A. 2006. PembelajaranSainsBerwawasan SETS untukPendidikan. Semarang: FMIPA UniversitasNegeri Semarang.
Eggen, P. &Kauchak, D. 2012. Strategi Dan Model PembelajaranMengajarkanKonten Dan KeterampilanBerpikirEdisi 6 Terjemahan. Jakarta: PT. Indeks.
Ennis, R.H. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions And Abilities. United Stated of Amerca. Preticen-hall, Upper Saddle River, NJ 07458
Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It counts.
Kisworo, B., Azizah, D., Padliyah, M. S., 2018. Implementasi Model InkuiriTerbimbingBerbasis SETS PadaMateriMinyakBumiTerhadapKemampuanBerpikirKritisPesertaDidik. Jurnal Redox, 6(2), 27-35.
Moreno, R. (2010). Education Psychology. Mexico: University of New Mexico.
Kuhlthau, C.C., Maniotes, L.K., Dan Caspari, A.K. 2007. Guided Inquiry: Learning In 21 St Century School. USA: Greenwood Publishing Group.
Musfiroh, T. (2014).Pengembangan kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nisak, M. K., Wartono, Suwono H., 2017. PengaruhPembelajaran Guided Inquiry BerbasisSalingtemasTerhadapKeterampilanBerpikirKritisSiswaSmpberdasarkanKemampuanAkademik. JurnalPendidikan: Teori, Penelitian, danPengembangan, 2(1) 113—120.
OECD. (2016). PISA 2015 Assessment. Paris: OECD.
Poedjiadi, A. 2010. SainsTeknologiMasyarakat (Model PembelajaranKontekstualBermuatanNilai). Bandung: PT. RemajaRosdakarya.
Prasojo. P., Prastowo, T., Ibrahim, M., 2020. SETS Based Science Teaching Materials with Guided Inquiry Learning Model to Improve Learning Outcomes in Optical Geometry Materials. International Journal of MulticulturalandMultireligious Understanding, 7(6), 10-18.
Santrock, W. John. 2014. PsikologiPendidikan. Jakarta Selatan: Salemba.
Shafarina, Y., Leny, M. Kusasi., 2018. Model PembelajaranInkuiriTerbimbingBervisi Sets UntukMeningkatkanKeterampilanberpikirKritisPadaMateriKoloid. Journal of Chemistry and Education (Jcae), 2(2), 57-62.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.