PENINGKATAN KREAVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN PAKAL 1

Main Article Content

Siti Komariyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa SDN Pakal 1 Surabaya dalam pembelajaran matematika.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik Pengumpulan data meliputi observasi dan tes. Sebelum soal tes diujikan akan dilakukan validitas isi selanjutnya dilakukan pembuktian reliabilitas soal tes. Instrumen tes digunakan untuk mengukur kreatifitas dan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kreativitas siswa materi keliling dan luas jajargenjang dan segitiga kelas IV SDNPakal 1. Kreativitas siswa mengalami peningkatan dari persentase kreativitas siswa 73,08% pada siklus I, menjadi 92,31% pada siklusII.Pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan prestasi belajar matematika materi keliling dan luas segitiga dan jajargenjang pada siswa kelas IV SDN Pakal 1. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari presentase ketuntasan klasikal 73,08% pada siklus I, menjadi 88,45% pada siklusII.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Komariyah, “PENINGKATAN KREAVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS JAJARGENJANG DAN SEGITIGA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS IV SDN PAKAL 1”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 347, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Amir, M. F., & Kusuma, M. D. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Medives, 2(1), 117-128.
Astuti, M. S. Y. 2016. Pendekatan Matematika Realistik Sebuah Upaya Membumikan Matematika Di Sekolah Yogyakarta: Leutika Prio.
Baylor, A. L. M., Lee 2006. Designing Metacognitive Maps for Web-Based Learning. Educational Technology & Society, 9, 344 – 348.
Efendi, N. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa Sma Berkemampuan Akademik Berbeda Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(2), 85-109 pp.
Jagals, D., & van der Walt, M. 2019. Corrigendum: Metacognitive awareness and visualisation in the imagination: The case of the invisible circles. Pythagoras, 4(1), 1-1.
Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. 2007. analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian (Dilengkapi aplikasi program SPSS). Bandung: Pustaka Setia.
Özenç, E. G., & Dikici, H. 2016. The Correlation Between The Fourth Grade Students’ Level Of Functional Literacy And Metacognitive Awareness. Journal of Education Training Studies, 4(12), 108-117.
Özsoy, G., & Ataman, A. 2009. The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2), 67-82.
Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karakter Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rizkiani, A., & Septian, A. 2019. Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284.
Schoenfeld, A. H. 2014. Mathematical Problem Solving: Elsevier Science.
Schraw, G., & Dennison, R. S. 1994. Assessing metacognitive awareness. Contemporary educational psychology, 19(4), 460-475.
Widhiarso, W. 2010. Pengkategorian data dengan menggunakan statistik hipotetik dan statistik empirik. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada