MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI
Main Article Content
Abstract
Hasil evaluasi, observasi dan wawancara dengan murid kelas kelas V SDN 99/IX Kedap, peneliti menemukan bahwa 1) Hasil belajar siswa masih ada di bawah rata- rata KKM, 2) Materi dalam pembelajaran IPS sering disajikan secara abstrak, 3) Pembelajaran IPS kurang bermakna, karena pembelajaran tidak berdasarkan konteks yang menyebabkan siswa kesulitan belajar, 4) Guru belum menggunakan Model Pembelajaran lain, sehingga pembelajaran monoton. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia menggunakan model pembelajaran inquiri pada siswa kelas V SDN 99/IX Kedap Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Inquiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 99/IX Kedap Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi Tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A dan Kelas V B SDN 99/IX Kedap Kecamatan Maro Sebo Kabupaten Muaro Jambi yang berjumlah 50 siswa yang terdiri dari Kelas V A 25 siswa dan Kelas V B 25 siswa. Hasil analisa penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan yang signifikan pada mata pelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa menggunakan Model Pembelajaran Inquiri, dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung berdasarkan hasil analisa data penelitian dan pengujian hipotesis. Pada kelas Eksperimen dapat diketahui memiliki rata-rata 74,04 dan rata-rata 64,53 untuk kelas Kontrol. (2) Hasil perhitungan analisis uji dua pihak dengan menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima yaitu thitung diperoleh = 2,132 dan 1,66757 untuk ttabel dengan 0,05 untuk α . Kemudian membandingkan thitung dengan ttabel diperoleh -166757<2,132> 1,66757.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi.(2012). Dasar-Dasa Evalusi Pendidikan. Jakarata: Bumi Aksara.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Rudy. (2011). Pendidikan IPS (Filosofi, konsep, dan apliksi ). Jakarta: Alfabeta.
Kasmad, Mamad (2012). Model- Model Pembelajaran Berbasis Pakem. Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Komsiyah. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Majid, Abdul (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2008. Menjadi guru professional: menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung: Rosda Karya Purwanto, (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta
Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran : Mengembang kan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers, Ed. 2, cet-5.
Roestiyah. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta
Sapriya,(2009). Pendidikan IPS konsep dan pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. (2012). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda,cet-3.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Fajar Interpramata Mandiri.
Sardjiyo,(2007). Pendidikan IPS di SD. Jakarta: Universitas Terbuka. Ed.2.
Taufik, M. (2013). pengantar pendidikan. Bandung: Mujahid Press.
Trianto,(2009). Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana .
.