PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENGUATAN IKLIM SEKOLAH DAN PENGETAHUAN GURU TENTANG KURIKULUM 2013
Main Article Content
Abstract
Untuk mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan merupakan tujuan dari penelitian ini dengan cara mengkaji hubungan antara: 1) efektivitas pembelajaran dengan iklim sekolah, 2) efektivitas pembelajaran, dengan kurikulum 2013 bagaimana pengetahuan guru 3) iklim sekolah dan tentang kurikulum 2013 bagaimana pengetahuan guru secara bersama-sama dengan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional yang dilaksanakan pada guru pegawai negeri di SDN 161/IX Panca Mulya. Berjumlah 254 orang populasi pada penelitian ini dengan sampel sebanyak 155 orang. Untuk setiap variabel yang diteliti pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Korelasi regresi dan korelasi parsial yang digunakan pada teknik analisis. Tiga kesimpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu: pertama, antara iklim sekolah terdapat hubungan positif dengan efektivitas pembelajaran. Kedua, Antara pengetahuan guru tentang kurikulum 2013 terdapat hubungan positif dengan efektivitas pembelajaran. Ketiga, terdapat hubungan positif secara bersama- sama dengan efektivitas pembelajaran.
Article Details
References
Bao, Z., Li, D., Zhang, W., & Wang, Y. (2015). School Climate and Delinquency Among Chinese Adolescents: Analyses of Effortful Control as a Moderator and Deviant Peer Affiliation as a Mediator. Journal of Abnormal Child Psychology, 43(1)
Bungai, Joni. (2006). Pengaruh Kompetensi Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Keefektifan Mengajar Terhadap Prestasi Lulusan SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol 13, No 2. Universitas Negeri Malang.
Freiberg, H.J. (2005). School Climate Measuring, Improving and Sustaining Healty Learning Environment (e-library edition).
Philadelphia: Falmer Press.
Goldstein, S., & Brooks, R. B. (2013). Handbook of resilience in children: Second edition. Handbook of Resilience in Children: Second Edition, (June 2013) .
Hidayat, Rais, Henny Suharyati, Yuyun Elizabeth Patras, Sutji Harjanto, Haposan Andi. (2018). Optimalisasi Budaya Mutu Sekolah Untuk Meningkatkan Komitmen Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.6 No. 2, PP. 595-606
Herman WH, & Cohen RM. (2018). Racial and ethnic differences in the relationship between HbA1c. Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, 97(4)
Kemendikbud. (2013). Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Park, S., & Oliver, J. S. (2008). Revisiting the Conceptualisation of Pedagogical Content Knowledge ( PCK ): PCK as a Conceptual Tool to Understand Teachers as Professionals. Springer Science + Business Media B.V, 38.
Pertiwi, R., & Suchyadi, Y. (2019). Implementasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Lawanggintung 01 Kota Bogor. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda ), 02, 41–46.https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.994
Pratiwi, suryani dewi. (2013). Pengaruh Motivaasi Kerja, Kepuasan Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah menurut Persepsi Guru dan Ikli, Sekolah terhadap Kinerja Guru aekonomi SMP Negeri di Kabupaten Wonogiri. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1),.
Rapti, D. (2012). School Climate as an Important Component in School Effectiveness. Academicus - International Scientific Journal, (69).
Sheng, H., Siau, K., & Nah, F. F.-H. (2010). Understanding the values of mobile technology in education. ACM SIGMIS Database, 41(2).
Supardi. (2013). Sekolah Efektif Konsep dasar dan Praktiknya. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Timperley, H. (2008). Teacher professional learning and development Educational Practices Series – 18. International Academy of Education (IAE).
Yulita, H. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efektifitas Metode Pembelajaran E-Learning. Business & Management Journal Bunda Mulia, 10(1).