MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI PADANG SIDEMPUAN

Main Article Content

Ahmad Zainy Hanifah Nur Nasution Ilham S ahdi Lubis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar antara siswa yang diajar dengan media pembelajaran berbasis komputer dengan siswa yang diajar dengan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar di Padang Sidempuan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI sekolah dasar di Padang Sidempuan. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020-2021. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode random sampling dan intake group, sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas V dan VI sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi dan tes. Uji validitas instrumen  dilakukan dengan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. Uji reliabilitas untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Zainy, H. Nasution, and I. S. Lubis, “MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI PADANG SIDEMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 527, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arzhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Dimyati & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Hasbullah. (1997). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismaniati, Ch. (2001). Pengembangan Program Pembelajaran Berbantu Komputer. Yogyakarta: IKIP UNY.
Istanto Wahju Djatmiko, dkk. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY Press.
Muhammad Nisfiannor. (2009). Pendidikan Statistika Modern Untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Muhibbin Syah. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nana Sudjana & Ahmad Rivai. (2002). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sadiman Arief S, dkk. (2009) Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sardiman A.M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.