PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Indra Marpaung Tri Eva Juniasih

Abstract

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah tentang kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Hal ini karena adanya anggapan bahwa kinerja pegawai rendah, sehingga akan dicari penyebab penurunan kinerja pegawai tersebut. dari hasil observasi yang dilakukan, terdapat penyebabnya yaitu masih kurangnya tingkat kompetensi bagi Pegawai tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komptensi yang signifikan terhadap kinerja kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan.Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis.Data dikumpulkan dengan menggunakan angket yang diperoleh dari seluruh kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Batunadua Kota Padangsidimpuan.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan tanggapan mengenai pengetahuan dapat diikuti oleh adanya peningkatan kinerja pegawai sebesar 0,225%. Oleh karena nilai ρvalue yang lebih kecil dari 0,05 maka dapat dikatakan bahwa pengetahuan berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai. Berdasarkan hasil analisis regresi antara keterampilan kerja dengan kinerja pegawai, dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,185 maka dapat dikatakan bahwa keterampilan kerja dapat diikuti oleh adanya peningkatan kinerja pegawai sebesar 0,185%.Berdasarkan hasil analisis regresi antara perilaku kerja dengan kinerja pegawai, dimana nilai koefisien regresi sebesar 0,222, hal ini dapat dikatakan bahwa peningkatan tanggapan mengenai perilaku kerja dapat diikuti oleh adanya peningkatan kinerja pegawai sebesar 0,222%.Dari hasil analisis, pengalaman kerja dapat berpengaruh terhadap peningkatan kinerja pegawai pada Kantor Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Kota Padangsidimpuan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pengujian secara signifikan dimana nilai ρvalue 0,006 < 0,05 dan memiliki nilai thitung = 2,860, sehingga dapat dikatakan bahwa pengalaman kerja berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja pegawai.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Marpaung and T. Juniasih, “PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN PADANGSIDIMPUAN BATUNADUA KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 544, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Effendi, R. 2009. “Pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan pada kantor Pelayanan Pajak Metro”. Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah. Lampung.
Hadi, S. 2004. “Penelitian Research”. Yogyakarta: BPFE.
Hutasuhut, J. 2016. “Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan(Studi Kasus Pada PT. Perkebunan Nusantara IV (Persero)Kantor Pusat Medan)”. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora. Vol 1, Nomor. 1 Mei.
Istiningsih. 2006. “Pengaruh Kepemimpinan terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan STMIK Amikom Yogyakarta”. Jurnal Ilmiah Manajerial, Vol. 2. No. 1. Maret 2006.
Mangkunegara, A.P. 2007. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Cetakan Ke Tujuh PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Martoyo, S. 2003. “Manajemen Sumber Daya Manusia”. Yogyakarta : BPFE.
Peraturan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pemerintahan Daerah.
Robbins, S.P. 2001. “Psikologi Organisasi, (Edisi ke-8)”. Jakarta: Prenhallindo.
Surakhmad, W. 2004. “Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, dan Teknik”. Bandung: Tarsito.