MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH ALIYAHPONDOK PESANTREN DARUL IKHLAS PANYABUNGAN

Main Article Content

Afridah .

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyatan rendahnya kemampuan guru di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) PondokPesantrenDarulIkhlasPanyabungan dalam mengelola kelas.Kegiatan pengelolaan kelas masih belum ditangani secara sungguh-sungguh, pengelolaan kelas hanya bersifat rutin saja. Kegitan rutin ditandai oleh hadirnya guru hanya sekedar memenuhi jam pelajaran di kelas, ketika jam pelajaran selesai, maka tugaspun selesai pula.Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas melalui supervisi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan masukan dan evaluasi dan peningkatan kemampuan guru dalam manajemen kelas di Pondok Pesantren Darul Ikhlas Panyabungan.


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil penilaian, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan kegiatan supervisi diMadrasah Aliyah Swasta (MAS) Pondok Pesantren Darul Ikhlas Panyabungan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Pondok Pesantren Darul Ikhlas Panyabungan, dapat meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas. Hal ini dapat dilihat dari penilaian siklus II lebih tinggi dari pada hasil supervisi siklus I yaitu 65% meningkat menjadi 80%. Dengan demikian pelaksanaan supervisi klinis berhasil meningkatkan kemampuan guru dalam manajemen kelas

Article Details

How to Cite
[1]
A. ., “MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MANAJEMEN KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH ALIYAHPONDOK PESANTREN DARUL IKHLAS PANYABUNGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 649, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Arni, Muhammad. (1987). Sumbangan Manajemen Kelas dan Cara Evaluasi Belajar Kepada Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas 1 SMA N Sumbar. Jakarta : PPs IKIP Padang.
Depdiknas. 2010. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah, Jakarta: Depdiknas.
Nawawi,Hadari. (2003). Pengelolaan Kelas. Jakarta: Haji Mas Agung. Depdikbud.
Wardani,IGK. 1996. Alat Penilaian Kemampuan Guru (APKG). Jakarta: Dirjen Dikti.
M dan Raka Joni Entang. (1984). Pengelolaan Kelas. Jakarta : P3TK Depdikbud.
Rahman,Maman. (2008). Manajemen Kelas. Semarang: PPGSD
Ali,Muhammad. (1992). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Surya,Muhammad. 2003. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Yayasan Bhakti Winaya
Uzer Usman,Moh.. 1994. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sahertian,Piet A. 2002. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan,S. P. (1994). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakaria.
Arikunto,Suharsimi. (2002). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali Press.
Sagala,Syaiful. (2000). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Suparno, dkk. (1988).Dimensi-Dimensi Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Joni,T. Raka. (1984). Pengelolaan Kelas. Jakarta: P3TK
Wijaya dan Rusyam. (1991). Kemampuan Dasar Guru Dalam PBM. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama Universitas Terbuka.
Nurhadi. 2003. Cooperative Learning. Jakarta: Kencana.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta