PEMANFAATAN ALOKASI DANA BEASISWA BIDIKMISI DI LINGKUNGAN FPIPSB INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS)

Main Article Content

Ros Nida Siregar Mariyatul Kubtiyah Ritonga

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pemanfaatan alokasi dana terhadap life style mahasiswa bidikmisi FPIPSB IPTS. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Untuk indikator variabel X yaitu pemanfaatan alokasi dana meliputi kebutuhan pokok kuliah,  transportasi dan komunikasi. Sementara untuk variabel Y yaitu life style dengan indikator nya adalah konsumsi mahasiswa, pakaian, dan hiburan. Yang menjadi subjek dalam penelitian adalah  mahasiswa bidikmisi angkatan tahun 2016 sampai 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang melalui tekhnik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Sedangkan untuk pengumpulan data dengan menyebar angket. Untuk variabel pemanfaatan alokasi dana hasil penelitian menunjukkan  nilai rata-rata (mean) 73.67 artinya berada pada kategori “Baik”. Sedangkan untuk Life style mahasiswa bidikmisi Fakultas Pendidikan IPSB di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, diperoleh nilai rata-rata 73.67. Apabila di konsultasikan pada kriteria penilaian posisinya berada pada kategori “Baik”. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil output SPSS 22 pada tabel ANOVA diperoleh  nilai F hitung sebesar 11.718 dengan nilai signifikan sebesar 0.001 < 0.005, maka terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan alokasi dana terhadap life style mahasiswa bidikmisi dilingkungan Fakultas PIPSB Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Siregar and M. Ritonga, “PEMANFAATAN ALOKASI DANA BEASISWA BIDIKMISI DI LINGKUNGAN FPIPSB INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN (IPTS)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 633, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

1) Halim, M, A. 2012. Teori Ekonomika. Edisi ke-1. Jakarta: Jelajah Nusa
2) Kemendikbud. 2015. Laporan Akuntabilitas Kinerja 2014.
3) NS.Kasiati,i, Kebutuhan Dasar Manusia I. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2016)
4) Putrawangsa S, Desain Pembelajaran, CV. Reka Karya Amerta.2018.
5) Faikah Ainun, Analisis Penggunaan Dana Beasiswa Bidikmisi dan Damaknya Terhada Prestasi Belajar Mahasiswa Bidikmisi, Volume 10 Nomor 2 Tahun 2019.