PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS ULOS DENGAN PLATFORM ANDROID DALAM MEMBELAJARKAN NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Pendidikan Pancasila melalui nilai-nilai budaya yang ada pada karakteristik jenis ulos di daerah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). Pengenalan nilai-nilai luhur Pancasila melalui budaya ulos ini dilakukan melalui platform Android. Dalam prosesnya akan dibahas komponen-komponen gambar yang terdapat pada ulos yang dikaitkan dengan pancasila yang nantinya akan memudahkan anak didik untuk memahami nilai-nilai luhur yang ada di dalam Pancasila. Adapun tujuan khususnya untuk memperoleh media pembelajaran Pendidikan Pancasila kepada anak didik melalui pendekatan budaya dengan berbantuan platform android. Suatu hal yang penting dan diharapkan segera terlaksana adalah agar anak didik semakin mengenal lebih jauh dan lebih dalam pada budaya lokal khususnya dalam berbagai macam bentuk dan makna yang terdapat pada ulos dan sekaligus mampu mengaitkannya dengan nilai-nilai luhur yang ada di dalam Pancasila. Upaya merancang pembelajaran Pendidikan Pancasila yang berbasis ulos dengan bantuan platform android ini merupakan sebuah upaya pengembangan media dalam mempelajari budaya lokal yang dekat dengan situasi siswa, dan sekaligus memahami nilai-nilai luhur Pancasila dengan cara yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak didik. Pengumpulan data dalam penelitian dilaksanakan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun langkah dalam kegiatan penelitian antaralain melaksanakan pengumpulan data, penyajian perolehan data, reduksi data dan vervikasi/penyimpulan data. Selanjutnya terkait pembuatan media pembelajaran dengan platform android dilakukan analisis kebutuhan dan perancangan program aplikasi android yang diperlukan. Penelitian kualitatif deskriptif adalah metode penelitian yang yang dilakukan objektif dan alamiah di mana peneliti berperan sebagai instrumen kunci. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menekankan pada hasil analisis deskriptif. Melalui penelitian yang dilakukan ditemukan media pembelajaran yang dapat membantu memperdalam pemahaman pancasila dari ulos. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, penulis menarik kesimpulan yang didasarkan pada hasil pengumpulan data. Adapun kesimpulannya adalah unsur gambar yang terdapat pada ulos memiliki arti yang khas dan berkaitan dengan sila-sila Pancasila dan dapat disajikan dalam media pembelajaran berbasis platform android.
Article Details
References
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95.
Ahmad, M., Siregar, Y. P., & Siregar, N. A. (2018). The Effectiveness of Realistic Mathematics Learning Model Based on Mandailing Culture in Teaching of Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 2nd ICM2E. https://doi.org/10.2991/icm2e-18.2018.31
Kuswanto & Radiansah, 2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama 14 (1), 15-20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lubis, J.R., Sandi,D.M., Risaharti (2020). Keberagaman Jenis Ulos Dalam Kajian Visual Digital Di Era Milenial. Prosiding SenasMUDI ke-4 Asahan.
Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muyaroah, S. & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6pada Mata Pelajaran Biologi. IJCET 6(2) 79-83.
Nurhakimah (2018) Pesan Komunikasi Islam Dalam Syair Seni Tarian Tor-Tor Pada Pernikahan Adat Mandailing Di Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5642
Sirait, D. M. & Hidayat, D. (2015). Pola Komunikasi Pada Prosesi Mangulosi dalam Pernikahan Budaya Adat Batak Toba. J-IKA. II(1), 23-31. https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.199.g167
Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Takari, M. (2009). Ulos dan sejenisnya dalam budaya batak di sumatera utara: makna, fungsi, dan teknologi. Makalah pada Seminar Antarabangsa Tenunan Nusantara, di Kuantan, Pahang, Malaysia. https://www.etnomusikologiusu.com/uploads/1/8/0/0/1800340/takariulos.pdf
Widjaya, H.A.W. (2004). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dan HAM Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. JIPI, 2 (1), 88-99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289