PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS ULOS DENGAN PLATFORM ANDROID DALAM MEMBELAJARKAN NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA

Main Article Content

Umar Kholil Lubis Januardi Rosyidi Lubis

Abstract

Penelitian  ini  membahas  tentang  pembelajaran  Pendidikan  Pancasila melalui nilai-nilai  budaya  yang  ada  pada  karakteristik  jenis  ulos  di  daerah  Tapanuli  Bagian  Selatan (Tabagsel). Pengenalan  nilai-nilai  luhur  Pancasila  melalui  budaya  ulos  ini  dilakukan melalui  platform  Android. Dalam  prosesnya  akan dibahas komponen-komponen gambar yang terdapat pada ulos yang dikaitkan dengan pancasila  yang  nantinya  akan memudahkan  anak  didik  untuk  memahami  nilai-nilai  luhur  yang  ada  di  dalam    Pancasila. Adapun  tujuan  khususnya  untuk  memperoleh media pembelajaran  Pendidikan  Pancasila  kepada anak  didik melalui  pendekatan  budaya dengan berbantuan platform android. Suatu hal yang penting dan diharapkan segera terlaksana adalah  agar  anak  didik  semakin  mengenal lebih jauh dan lebih dalam pada budaya  lokal  khususnya dalam berbagai  macam  bentuk dan makna  yang  terdapat pada   ulos    dan  sekaligus mampu  mengaitkannya dengan nilai-nilai  luhur  yang  ada  di  dalam    Pancasila.  Upaya  merancang  pembelajaran  Pendidikan  Pancasila   yang  berbasis    ulos dengan bantuan platform android ini merupakan  sebuah upaya pengembangan media dalam mempelajari budaya  lokal yang dekat dengan situasi siswa,  dan sekaligus    memahami  nilai-nilai  luhur Pancasila  dengan  cara  yang lebih menarik dan menyenangkan bagi anak didik. Pengumpulan data dalam penelitian dilaksanakan dengan  metode  penelitian  kualitatif  deskriptif. Adapun  langkah dalam kegiatan penelitian antaralain melaksanakan pengumpulan data, penyajian perolehan data, reduksi data dan vervikasi/penyimpulan data. Selanjutnya terkait pembuatan media pembelajaran dengan platform android  dilakukan analisis kebutuhan dan perancangan program aplikasi android yang diperlukan. Penelitian  kualitatif deskriptif  adalah  metode  penelitian  yang  yang dilakukan objektif dan alamiah di mana peneliti berperan sebagai  instrumen kunci. Penelitian  ini  menggunakan  metode kualitatif  yang  menekankan pada hasil  analisis  deskriptif. Melalui penelitian yang dilakukan ditemukan media pembelajaran yang dapat membantu memperdalam pemahaman pancasila dari ulos. Berdasarkan  hasil  penelitian  yang  dilaksanakan,  penulis  menarik  kesimpulan yang  didasarkan pada hasil pengumpulan data. Adapun kesimpulannya adalah unsur gambar yang terdapat pada ulos memiliki arti yang khas dan berkaitan dengan sila-sila Pancasila dan dapat disajikan dalam media pembelajaran berbasis platform android.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Lubis and J. Lubis, “PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS ULOS DENGAN PLATFORM ANDROID DALAM MEMBELAJARKAN NILAI-NILAI LUHUR PANCASILA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 570, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Agustina, C.,& Wahyudi, T . (2015). Aplikasi game pendidikan berbasis android untuk memperkenalkan pakaian adat indonesia. IJSE, 1(1), 1-8. https://doi.org/10.31294/ijse.v1i1.590
Ahmad, M., & Nasution, D. P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang, 3(2), 83-95.
Ahmad, M., Siregar, Y. P., & Siregar, N. A. (2018). The Effectiveness of Realistic Mathematics Learning Model Based on Mandailing Culture in Teaching of Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 2nd ICM2E. https://doi.org/10.2991/icm2e-18.2018.31
Kuswanto & Radiansah, 2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama 14 (1), 15-20. https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Lubis, J.R., Sandi,D.M., Risaharti (2020). Keberagaman Jenis Ulos Dalam Kajian Visual Digital Di Era Milenial. Prosiding SenasMUDI ke-4 Asahan.
Moleong, L. J. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muyaroah, S. & Fajartia, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6pada Mata Pelajaran Biologi. IJCET 6(2) 79-83.
Nurhakimah (2018) Pesan Komunikasi Islam Dalam Syair Seni Tarian Tor-Tor Pada Pernikahan Adat Mandailing Di Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/5642
Sirait, D. M. & Hidayat, D. (2015). Pola Komunikasi Pada Prosesi Mangulosi dalam Pernikahan Budaya Adat Batak Toba. J-IKA. II(1), 23-31. https://doi.org/10.31294/kom.v2i1.199.g167
Sugiyono. (2012). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Takari, M. (2009). Ulos dan sejenisnya dalam budaya batak di sumatera utara: makna, fungsi, dan teknologi. Makalah pada Seminar Antarabangsa Tenunan Nusantara, di Kuantan, Pahang, Malaysia. https://www.etnomusikologiusu.com/uploads/1/8/0/0/1800340/takariulos.pdf
Widjaya, H.A.W. (2004). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dan HAM Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Yektyastuti, R., & Ikhsan, Y. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. JIPI, 2 (1), 88-99. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i1.10289