IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA

Main Article Content

Rana Megawati Ibut Priono Leksono Harwanto Harwanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran langsung, 2) perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang memiliki kepribadian tipe sanguinis, tipe koleris, tipe melankolis, dan tipe plegmatis, 3) adanya interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Al-Hikam dan SMP Darul Hikmah Burneh Bangkalan dengan jumlah total siswa sebanyak 131 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes tertulis dan angket, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik anava dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan metode pembelajaran langsung, 2) ada perbedaan hasil belajar Matematika antara kelompok siswa yang memiliki kepribadian tipe sanguinis, tipe koleris, tipe melankolis, dan tipe plegmatis, 3) ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar Matematika.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Megawati, I. Leksono, and H. Harwanto, “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 19, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Hertiavi, M.A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1), 53-57. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104
Ibrahim. (2001). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press.
Khoirotunnisa, A.U. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Jigsaw Puzzle Map Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Himpunan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VII Semester 1 Mtsn 1 Bojonegoro Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 82-88.
Mayasari, D., Utomo, D.P., & Cholily, Y.M. (2019). Analisis Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Hipocrates. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 34-39. http://journal2.um.ac.id
Mulyani, E.A., Anditia, D.R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pasir Penyu. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(1), 18-34. https://ejournal.upi.edu
Purnaningsih, N.E. (2014). Profil Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Tipe Kepribadian (Sanguinis, Melankolis, Koleris dan Phlegmatis). MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidkan Matematika, 3(3), 152-159. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP, 1(2), 115-124.
Sari, S. W. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa SMP Swasta di Kecamatan Medan Area. Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 9(1), 33-44. http://digilib.unimed.ac.id
Saryati., Budiyono., Purwoko, R.Y., & Wibowo, T. (2020). Komparasi Disposisi Matematis pada Siswa Berkepribadian Melankolos dan Sanguinis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 5(1), 66-71. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.66-71
Septianawati, D. (2014). Efektivitas Penerapan Metode Diskusi dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Lampung Timur. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 3(2), 55-64. https://fkip.ummetro.ac.id
Siregar, R. & Situmorang, J. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Tipe Kepribadian Terhadap Hasil Belajar Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 165-176.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta
Wardani, S. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Siswa Kepribadian Sanguinis dan Kepribadian Melankolis pada Kelas X MIA SMAN 9 Makassar. Skripsi. Dipublikasikan. Makassar: UIN Alauddin Makassar. http://repositori.uin-alauddin.ac.id