KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH

Main Article Content

Annajmi . Lusi Eka Afri

Abstract

Pembelajaran matematika memiliki objek bersifat abstrak, untuk memahami ide-ide matematika tersebut, maka peserta didik memerlukan kemampuan untuk merepresentasi ide tersebut agar lebih  konkret dan mudah dipahami. Peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam merepresentasikan suatu masalah matematis. Perbedaan kemampuan tersebut berdampak pada perbedaan kemampuan peserta didik dalam merepresentasikan suatu masalah matematis untuk memahami suatu konsep matematika. Kemampuan representasi matematis merupakan  kemampuan yang menjadi dasar bagi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Berkenaan dengan hal itu, penelitian ini merupakan penelitian deskriptif,  bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan representasi matematis peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Populasi penelitian ini  adalah peserta didik Kelas VIII SMP Muhammadiyah Rambah  tahun pelajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian tes kemampuan representasi matematis berupa soal uraian yang sesuai dengan indikator kemampuan representasi matematis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor kemampuan representasi matematis siswa adalah 10,31 dari skor maksimal ideal adalah 28. Hal ini menunjukkan kemampuan representasi siswa masih tergolong rendah atau daya serap siswa hanya 36,82%. Rata-rata skor untuk masing-masing indikator representasi matematis yang diukur yaitu kemampuan siswa membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya adalah 1,86, Kemampuan siswa menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematik adalah 1,50 dan kemampuan siswa menuliskan interpretasi dari suatu representasi adalah 1,04.

Article Details

How to Cite
[1]
A. . and L. Afri, “KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 53, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Annajmi, A. 2016. Peningkatan Kemampuan Representasi Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan 1 Software Geogebra Di SMP N 25 Pekanbaru. Edu Research, 5(2). 67-74.
Annajmi, A. & Afri, L. E. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Aktivitas Siswa Berbasis Metode Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 95- 106.
Cai, Lane, Jacabsin. 1996. Assesing Students Mathematical Communication. Official Journal of Science and Mathematics. 96(5)
Depdiknas. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SMP/MTs). Jakarta: BSNP.
Goldin, 2002. Representation in Mathematical Learning and Problem Solving. Handbook of International
Research in Mathematics Education. London:Lawrence Erlbaum Associates, Year Book.
Hwang. et.al. 2007. Multiple representation Skills and Creativity Effects on Mathematical ProblemSolving
using a Multimedia Whiteboard System. Journal Educational Technology & Society. 10(2). 191-212.
Jones. A.D. 2000. The fifth process standars: An argument to include representation in standar 2000. University of Maryland. http://www.math.umd.edu/~dac/650jonespaper.html,
Jones, B.F. dan Knuth, R.A. 1991. What does research say about mathematics? (online) available:http://www.ncrl.org./sdrs/areas/stw_esys/2math.htm.
Lesh, Posh, dan Behr (1987) Lesh, R,T, Posh, Behr. 1987. Representation and Translations Among Representations in Mathematics Learning and Problem Solving. Hillsdale, N.j:Lawrence ErlbaumAssociates.
Suryana, A. 2012. Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Lanjut (advanced mathematical thinking) Dalam mata kuliah statistika matematika 1. Makalah Dipresentasikan Dalam Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY tanggal 10 November 2012. PROSIDING P-5 ISBN : 978-979-16353-8-7
National Council of Teachers of Mathematics. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United State: Nasional Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Neria dan Amit, 2004. Students Preference of Non-Algebraic Representations in Mathematical Communication. Proceeding of the 28th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematical Education. Vol 3 PP 409-416
Pape, S.J. and Tchoshanov, M.A. 2001. The Role of Representation(s) in Developing Mathematical Understanding. heory into Practice, 40 (2). pp. 118-125
Suherman, E,dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika KOntemporer. Bandung Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI.
Sundayana, R. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta