PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA IV SISWA KELAS I SEMESTER 1 TAHUN 2020-2021 MATERI SUB TEMA 3 KELUARGA BESARKU SDN TANDES KIDUL 1/110 SURABAYA

Main Article Content

Kurtijah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar Tema IV Keluargaku sub tema 3 keluarga besarku kelas I SDN Tandes Kidul I/110 , kota Surabaya dengan menggunakan  media power point interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus yang dilakukan pada siswa kelas I SDN Tandes Kidul I/110  sebanyak 32 siswa. Siklus I menunjukan adanya ketuntasan aktivitas belajar siswa mencapai 76.04% dan hasil belajar siswa sebesar 68.75%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 96.52 sedangkan hasil belajar siswa mendapatkan hasil 93.75%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint interaktif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema IV Sub Tema 3 materi keluarga besarku kelas I  SDN Tandes Kidul I/110 Surabaya semester I tahun ajaran 2020-2021. 

Article Details

How to Cite
[1]
K. ., “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN POWER POINT INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA IV SISWA KELAS I SEMESTER 1 TAHUN 2020-2021 MATERI SUB TEMA 3 KELUARGA BESARKU SDN TANDES KIDUL 1/110 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 656, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Aisyah, Nyimas, Dkk. (2007). PengembanganPembelajaranMatematika SD. Jakarta: DirektoratJendralPendidikanTinggiDepartemenPendidikanNasional
Arikunto, Suharsimi. (2014). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik. Jakarta: PT RinekaCipta
Astuti, M. S. Y. 2016. Pendekatan Matematika Realistik Sebuah Upaya Membumikan Matematika Di Sekolah Yogyakarta: Leutika Prio.
Baylor, A. L. M., Lee 2006. Designing Metacognitive Maps for Web-Based Learning. Educational Technology & Society, 9, 344 – 348.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat SatuanPendidikanSekolahDasar. Jakarta: Depdiknas
Efendi, N. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reciprocal Teaching Dipadukan Think Pair Share Terhadap Peningkatan Kemampuan Metakognitif Belajar Biologi Siswa Sma Berkemampuan Akademik Berbeda Di Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Santiaji Pendidikan, 3(2), 85-109 pp.
Jagals, D., & van der Walt, M. 2019. Corrigendum: Metacognitive awareness and visualisation in the imagination: The case of the invisible circles. Pythagoras, 4(1), 1-1.
Misu, L., dkk. 2019. Profile of Metacognition of Mathematics Education Students in Understanding the Concept of Integral in Category Classifying and Summarizing. International Journal of Instruction, 12(3).
Muhidin, S. A., & Abdurrahman, M. 2007. analisis Korelasi, Regresi, Dan Jalur Dalam Penelitian (Dilengkapi aplikasi program SPSS). Bandung: Pustaka Setia.
Özenç, E. G., & Dikici, H. 2016. The Correlation Between The Fourth Grade Students’ Level Of Functional Literacy And Metacognitive Awareness. Journal of Education Training Studies, 4(12), 108-117.
Özsoy, G., & Ataman, A. 2009. The effect of metacognitive strategy training on mathematical problem solving achievement. International Electronic Journal of Elementary Education, 1(2), 67-82.
Retnawati, H. 2016. Validitas Reliabilitas dan Karakter Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
Rizkiani, A., & Septian, A. 2019. Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 275-284.
Schoenfeld, A. H. 2014. Mathematical Problem Solving: Elsevier Science.
Schraw, G., & Dennison, R. S. 1994. Assessing metacognitive awareness. Contemporary educational psychology, 19(4), 460-475.
Widhiarso, W. 2010. Pengkategorian data dengan menggunakan statistik hipotetik dan statistik empirik. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Trisnadewi, Komang Ary, I Wayan Darsana, & I Komang Ngurah Wiyasa. (2014). Penerapan Pembelajaran Dengan Media Power Point Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. e-Jurnal Mimbar PGSD universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol. 2, No. 1.
Turnip, Betty, Ida Wahyuni & Yul Ifda Tanjung. (2016). The Effect of Inquiry Training Learning Model Based on Just in Time Teaching for Problem Solving Skill. Journal of Education and Practice. Vol.7. No.15.
Yunus, MD Mellor, Hadi Salehi, & Dexter Sigan Anak John. (2013). Using Visual Aids as a Motivational Tool in Enhancing Students’ Interest in Reading Literary Texts. Recent Advances in Educational Technologies, ISBN: 978-1-61804-155-5 Pp 114-117