PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNINGDENGAN MEDIA VIDEO KONFLIK KEBERAGAMAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SEKARGADUNG I MOJOKERTO

Main Article Content

Beny Muhtadin Rusijono . Suhanadji .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning dengan media video konflik keberagaman terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa SDN Sekargadung I Mojokerto. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sekargadung I Mojokerto pada tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental Design dengan Prestest- Posttest Control Group Design. Responden penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 20 orang dan kelas IV B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20 orang. Instrumen menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPS. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji statistik menggunakan Independent Sample T-Test.Hasil uji independent samples t-test keterampilan berpikir kritis siswa menunjukkan bahwa thitung (3,533) >ttabel (2,024) dengan df=38, dan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,001 < 0,05, sehingga disimpulkan H1 diterima dan H0 ditolak. Hasil uji independent samples t-test hasil  belajar IPS siswa menunjukkan bahwa thitung (1,486) <ttabel (2,024) dengan df=38, dan taraf signifikansi (Sig. 2-tailed) 0,145 > 0,05, sehingga disimpulkan H0 diterima dan H1 ditolak. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (a) ada pengaruh yang signifikan penerapan model problem based learning dengan media video konflik keberagaman terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto, (b) tidak ada pengaruh yang signifikan penerapan problem based learning dengan media video konflik keberagaman terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Sekargadung I Mojokerto.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Muhtadin, R. ., and S. ., “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNINGDENGAN MEDIA VIDEO KONFLIK KEBERAGAMAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN SEKARGADUNG I MOJOKERTO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 4, p. 662, Nov. 2020.
Section
Artikel

References

Amir, Taufiq. 2016. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakart: Kencana
Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustaka
Anindyta dan Suwarjo.2014.Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Regulasi Diri Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 2 (2) 2014.https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2720 Diakses pada 06 Oktober 2019
Fathurrohman, M. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Gunawan, Rudy. 2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi.Bandung: ALFABETA
Ibrahim, Muslimin. 2012. Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Ed.2). Surabaya: Unesa University Press
Pribadi, Benny. 2017. Media & Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Purwanto dkk,. 2016. Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, Vol.1 (9) 2016: 1700 – 1705. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6721/2907 . Diakses pada 07 Oktober 2019
Riyanto, Yatim. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukaptiyah, Sri. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Mongkrong, Wonosegoro. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 5 (1) 2015:114-121. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i1.p114-121 . Diakses pada 07 Oktober 2019.
Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susan, Novri. 2019. Sosiologi Konflik: Teori-teori dan Analisis. Jakarta: Kencana
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana
Wardoyo, Sigit. 2013. Pembelajaran Konstruktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter. Bandung: Alfabeta