KENDALA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19: SEBUAH KAJIAN KRITIS

Main Article Content

Muhammad Fikri Nadiyatul Faizah Sefti Adelia Elian Rena Rahmani Muhammad Zaki Ananda Ade Suryanda

Abstract

Wabah  Covid-19  yang  melanda,  memberikan tantangan  bagi  lembaga  pendidikan.  Sesuai  yang  telah  di canangkan oleh pemerintah Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah telah melarang semua jenjang pendidikan untuk pembelajaran tatap muka dan memerintahkan untuk pembelajaran secara daring. Penggunaan teknologi digital dapat memungkinkan pelajar hingga mahasiswa dan pengajar melaksanakan proses pembelajaran walaupun mereka ditempat yang berbeda. Pembelajaran jarak jauh atau bisa disebut juga pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran, ini merupakan solusi pembelajaran ditengah pandemi. Tetapi, dalam pembelajaran jarak jauh masih ada permasalahan yang menjadi hambatan atau kendala dalam pelaksanaannya. Untuk mengetahui itu semua Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan yaitu mengumpulkan data yang tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan dan di dapat bahwa kendala yang dihadapi peserta didik dan pengajar dalam proses pembelajaran daring selama pandemic ini masih   pada kategori sangat mendasar atau fundamental. Kendala yang sering dihadapi  seperti  terbatasnya  layanan  pembelajaran  yang  diberikan,  Kurangnya  pemahaman  penggunaan aplikasi pembelajaran, dan kendala internet. Ini harus menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan baik pemerintah, instansi kependidikan, pengajar dan peserta didik saat mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran online.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Fikri, N. Faizah, S. Elian, R. Rahmani, M. Ananda, and A. Suryanda, “KENDALA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19: SEBUAH KAJIAN KRITIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 145, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Agusmanto Hutauruk, R. S. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, Vol. 02, No.01, 45-51.
Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.
Gikas, J., & Grant, M. M. 2013. Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Milman, N. B. 2015. Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.92001-4
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. 2011. E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jiheduc.2010.10.001.
Rahman, Taufik. 2020. Pembelajaran Daring Di Era Covid-19. Universitas Lambung Mangkurat : Program Studi Pendidikan IPS, FKIP. Makalah.
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJARNEGARA. e-ISSN 2502-4264, Volume 7 nomor 2
Sadikin, Ali., Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol.6(02):215-216
Suharli. 2015. Teori Belajar Dan Model Penerapannya Dalam Pembelajaran. Makalah: disampaikan pada mata kuliah Pengembangan Model Pembelajar IPS. UPI
Triarini, D., & Hendriani, R. (2015). Tanaman Herbal dengan Aktivitas Perangsang Pertumbuhan Rambut. Fakultas Farmasi Universitas Padjajaran, 14, 1–10.