PEMAHAMAN GURU DINIYAH TERKAIT METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH AL HAMIDIYAH BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG

Main Article Content

Ah Nailul Khikam Munawir .

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman guru diniyah terkait metode pembelajaran active learning dalam pembelajaran di Madrasah Diniyah al Hamidiyah. Populasi penelitian ini adalah 36 orang guru diniyah kelas 1,2, 3 Wustho dan Ulya. Responden penelitian berjumlah 10 guru. Pemilihan tersebut dilakukan secara acak yang terdiri dari 9 guru laki-laki dan 1 guru perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi dan angket. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa pemahaman guru diniyah terkait metode active learning sebanyak 50% kategori sedang, 30% kategori tinggi, dan 20% kategori sangat tinggi. Hal itu berarti, sebagian besar guru di Madrasah Diniyah al Hamidiyah sudah dapat memahami karakteristik metode active learning. Dengan memahami karakteristik metode active learning secara memadai, selian sebagai modal dasar untuk memudahkan guru diniyah mengaplikasikan metode active learning di madrasah diniyah, juga dapat memudahkan guru diniyah dalam mengoptimalkan aktivitas pembelajaran di Madrasah Diniyah al Hamidiyah, sehingga pembelajaran di masrasah diniyah akan semakin berkualitas.  

Article Details

How to Cite
[1]
A. Khikam and M. ., “PEMAHAMAN GURU DINIYAH TERKAIT METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH AL HAMIDIYAH BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 195, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

B, Hamdan Husein. 2020. Media Pembelajaran Efektif. Fatawa Publishing, Semarang.
Baharun, H. 2015. “Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah.” Pendidikan Pedagogik. 1, no. 1.
Effendi, M. 2013. “Integrasi Pembelajaran Active Learning Dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Dan Kreativitas Belajar.” Nadwa. 7, no. 2.
Harianto, Agus. 2019. Guru Di Antara Kompleksitas Dan Kontroversi. Deepublish, Sleman.
HB, Zulfahmi. 2013. “Indikator Pembelajaran Aktif Dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan PAKEM.” Al-Ta’lim. 1, no. 4.
https://www.inirumahpintar.com Di akses pada tanggal: 05/01/2020.
Husamah., dkk. 2018. Belajar & Pembelajaran. Cet. 2. UMM Press, Malang.
Ide, Pangkalan. 2008. Menyeimbangkan Otak Kiri dan Otak Kanan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Lufri., dkk. 2020. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV. IRDH, Malang.
Maisaroh., Rostrieningsih. 2010. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor.” Ekonomi & Pendidikan. 8, no. 2.
Maulana., dkk. t.t. Ragam Model Pembelajaran Di Sekolah Dasar. UPI Sumedang Press, Sumedang.
R, E. Firanda., Widayati, A. 2012. “Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With A Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.” Pendidikan Akuntansi Indonesia. 10, no. 2.
Rahmawati. 2019. Mudahnya Belajar Pedagogik. PGRI Prov Kalbar, Pontianak.
Rofiq, M. Nafiur. 2011. “Eksistensi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah di Jawa Timur.” Falasifa. 2, no. 1.
Rozana, Salma., dkk. 2020. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Edu Publisher, Tasikmalaya.
S, Z. Hanum A. 2016. “Membentuk Madrasah Diniyah Sebagai Alternative Lembaga Pendidikan Elite Muslim Bagi Masyarakat.” Intizar. 22, no. 2.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri Dot Com, Riau.
Sanjaya, Wina., Budimanjaya, Andi. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Kencana, Jakarta.
Setyosari, P. 2014. “Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas.” Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. 1, no. 1.
Sinar. 2018. Metode Active Learning. Deepublish, Yogyakarta.
Sukiyat. 2020. Good Leadership: Kepemimpinan Era Globalisasi Pendidikan. CV. Jakad Media Publishing, Surabaya.
Susanto, Herry Agus. 2015. Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Deepublish, Yogyakarta.
Sutrisno¸ Tri. 2019. Keterampilan Dasar Mengajar. Duta Media Publishing, Pamekasan.
Zaman, Badrus. 2020. “Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran PAI.” As-Salam. 4, 1.