RELEVANSI HAK VETO PBB DENGAN PRINSIP KEDAULATAN YANG DIANUT OLEH PBB

Main Article Content

Michelle Angela Teguh

Abstract

Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tidak mengatur perihal hak veto secara eksplisit. Namun dari ketentuan Pasal 27 ayat (3) Piagam PBB bahwa sebagai pengemban untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, Dewan Keamanan PBB secara politis dibenarkan menggunakan ketentuan pasal dimaksud, yang kemudian diterjemahkan sebagai hak veto. Penggunaan hak veto para Dewan Keamanan PBB seringkali menjadi kontroversi bagi masyarakat internasional. Melalui penelitian ini, akan ditilik lebih dalam pengaturan hak veto dan relevansinya dengan prinsip kedaulatan yang dianut oleh PBB. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa dasar pengaturan prinsip atau asas persamaan kedaulatan negara yang secara tegas diatur dalam pasal 2 ayat (1) Piagam PBB dan ketentuan tersebut merupakan asas dari pelaksanaan fungsi PBB sebagai suatu organisasi internasional, termasuk menjadi landasan bagi pelaksanaan fungsi-fungsi organ utamanya. Oleh karena itu prinsip dimaksud harus menjadi pedoman/landasan bagi para pengambil keputusan dalam Dewan Keamanan PBB, sehingga tidak ada lagi alasan pembenar secara yuridis tentang penggunaan hak veto oleh negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Teguh, “RELEVANSI HAK VETO PBB DENGAN PRINSIP KEDAULATAN YANG DIANUT OLEH PBB”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 149, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

AK, Syahmin. 1988. Masalah-masalah Aktual Hukum Organisasi Internasional. Bandung: Armico.
Bowett, D.W. 1992. Hukum Organisasi Internasional. Jakarta: Sinar Grafika.
Oda (ed.). 2015. Ditemukan Serpihan Misil “BUK”, di Lokasi Jatuhnya Malaysia Airlines MH17. Tribunnews Jogja.
QC, Malcolm N. Shaw. 2013. Hukum Internasional, terjemahan Derta Sri Widowatie, Imam Baehaqi, dan M. Khozim. Bandung: Nusa Media.
Sulbianti. 2016. Hak Veto Dewan Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam Kaitan dengan Prinsip Persamaan Kedaulatan. Bali: Fakultas Hukum Universitas Udayana.
Thontowi, Jahawir, Iskandar, Pranoto. 2006. Hukum Internasional Kontemporer. Bandung: Refika Aditama.
Widagdo, Setyo. 2012. Dasar Pengaturan Prinsip Persamaan Kedaulatan dan Hak Veto dalam Pengambilan Keputusan di Dewan Keamanan PBB.