PERAN FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CALON PENDIDIK DI ABAD-21

Main Article Content

Aiman Faiz Purwati .

Abstract

Perubahan yang semakin pesat perlu diimbangi dengan kemampuan manusianya agar tidak terjadi kesalahan dalam menyikapinya, termasuk dalam aspek pendidikan. Pendidikan berperan besar dalam memberikan keseimbangan dalam mengembangkan kemampuan manusia di abad-21. Peran agen pendidikan dalam hal ini dosen, perlu diarahkan dalam mencetak calon-calon pendidik yang memiliki kriteria dan kemampuan seperti yang di inginkan di abad-21 ini. Dalam penelitian ini menggunakan library research yang bertujuan untuk mengeksplore data dan informasi dengan berbagai sumber yang diperoleh dari buku, jurnal, makalah, dokumen, catatan dan lain-lainnya. Dasar dalam penelitian library research ini adalah menerapkan konsep filsafat progresivisme dalam pembelajaran abad-21 khususnya bagi para mahasiswa calon pendidik. Hasil penelitian ini menemukan konsep-konsep apa saja yang harus dikembangkan dalam penelitian kepustakaan baik secara teoritis maupun praktis diantaranya hal-hal yang harus dikembangkan oleh dosen mencakup kompetensi pedagogik dan karakteristik pembelajaran abad-21. Selain itu, dosen juga harus mampu mengembangkan pemikiran 4C (critical thinking, creative, collaborative dan comunicative) pada mahasiswa. Dengan kondisi yang ada calon pendidik dibekali kompetensi yang nantinya untuk dikembangkan kepada para peserta didik sesuai zamannya. Sejalan dengan konsep live long education (pendidikan seumur hidup) yang menekankan pendidikan harus menyesuaikan dengan kondisi zaman.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Faiz and P. ., “PERAN FILSAFAT PROGRESIVISME DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CALON PENDIDIK DI ABAD-21”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 131, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Anwar, M. (2017). Filsafat Pendidikan. Kencana : Jakarta
Belmawa. (2019). Inspirasi Kepemimpinan di Era Revolusi Industri 5.0. Jakarta: Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Faiz, A dan Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol.12 (2) : 155-164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Faiz, A. (2019). Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah. Jurnal PGSD Volume 5 (2) Juli –Desember 2019. ISSN: 2088-8295 E-ISSN:2685-9742 Dapat diakses pada : https://ejournal.umc.ac.id/index.php/JPS
Fuadin, A. (2016) Kontribusi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Vol. 5 No. 1
H.A.R Tilaar. (2016). Pedagogik teoritis untuk Indonesia. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Koesoema, Doni. (2018). Pendidikan Karakter di zaman keblinger. Jakarta: Grasindo.
Ristekdikti. (2017). Memandang Revolusi Industri dan Dialog Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi Indonesia. Direktorat Pembelajaran Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi: Jakarta
Santrock. (2004). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Suyitno. (2009). Tokoh-Tokoh Pendidikan Dunia Dari Dunia Timur, Timur Tengah Dan Barat. UPI : Bandung