HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGAM STUDI KEBIDANAN

Main Article Content

Legina Anggraeni Dinni Randayani Lubis

Abstract

Dalam menjalani proses belajar, banyak orang yang beranggapan bahwa untuk meraih prestasi yang baik harus memiliki kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient/IQ) yang tinggi. Namun, kenyataannya kecerdasan intelektual bukan satu-satunya keberhasilam dalam mengukur prestasi akademik seseorang. Kecerdasan intelektual yang tinggi seyogyanya  harus diimbangi dengan kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual dengan indeks prestasi mahasiswa program studi kebidanan. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan studi cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 48 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengisian kuesioner dan data indeks prestasi mahasiswa program studi kebidanan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus-September tahun 2020. Data dianalisis menggunakan uji chi-square hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan p-value 0,001 dan OR 12,000 dan kecerdasan spiritual  dengan p-value 0,0001 dan OR 21,111.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Anggraeni and D. Lubis, “HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA PROGAM STUDI KEBIDANAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 136, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Ananto, Hersan. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Surakarta. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah: 2008
Bahtiar. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas II SMP Negeri 2 Mataram. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan. Mei-Agustus 2009;14(2):254-268
Defila, dkk. Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako. 2015. Vol. 2 No. 2
Goleman, Daniel. Emotional Intelligence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2008
Hanafi. Z & Noor. F. Relationship Between Emotional Intellegence and Academic Achievement in Emerging Adults : A Systematic Review. International Journal of Academic Research in Business and Socil Sciences. 2016; Vol. 6. NO. 6:268-290
Hapsari, P.R. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa D IV Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret. Surakarta. Fakultas Kedokteran: 2010
Maraeni, K.M. Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak di Madrasah Khazanah Kebajikan Pondok Cabe Tanggerang Selatan . Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: 2017
Miterianifa. Hubungan Antara Spiritual Quotient Mahasiswa Dengan Hasil Belajar Strategi Pembelajaran Kimia Yang Terintegrasi Dengan Nilai-Nilai Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam. Juli-Desember 2015. Vol. 1 No. 2
Putri, N. Eka Sri Kadek. Hubungan Kecerdasan Emosi dan Kesiapan Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Askeb Ibu I Mahasiswa Semester II AKBID Mitra Husada Karang Anyar. Surakarta. Magister Kedokteran Keluarga: 2011
Rachmi, Filia. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akutansi. Semarang: 2010
Rampisela, D.I. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Dengan prestasi Belajar Siswa di SMP Katolikst Fransiscus Pineleng. E-journal Keperawatan. Februari 2017; Vol.5 No. 1
Randa, G., Syafri, A., Zawirman, Z. Hubungan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa Dengan Tingkat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) di Jurusan Geografi Universitas Negeri Padang. Journal Of Geography.
Rizkiyah, A. Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa D4 Bidan Pendidik Semester 4 Di Universitas ‘Aisiyah Yogyakarta Yogyakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan: 2017
Wahid, A. SQ Nabi Aplikasi Strategi dan Model Kecerdasan Spiritual (SQ) Rasulullah di Masa Kini. Yogyakarta: Ircisod, 2006.
Winkel, WS. Psikologi Pengajaran. Jakarta: 2009
Yahaya, dkk. The Impact Of Emotional Intelligence Element on Academic Achivement. Archives Des Sciences. April 2010. Vol 65 No.2