ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN DALURING BERDASARKAN ZONA PENDEMI COVID-19

Main Article Content

Luvy Sylviana Zanthy Eka Senjayawati Nadia .

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam penelitian dekriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran kesiapan pembelajaran daluring berdasarkan zona pendemi COVID-19 tempat tinggal responden. Jumlah responden sebanyak 189 orang mahasiswa dan dosen yang memberikan umpan balik jawaban kuesiner elektronik yang diberikan secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan dua tahap yaitu: observasi dan wawancara melalui zoom dan kuesioner elektrik yang memuat 32 buah pertanyaan yang dimodifikasi dari model Teddy & Swatman dengan pilihan jawaban yang telah tersedia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 20,21 % responden yang tinggal di zona hijau memiliki tingkat kesiapan dalam menghadapi pembelajaran daluring sebesar 46%; 2) 79,79% responden yang tinggal di zona non-hijau memiliki tingkat kesiapan dalam menghadapi pembelajaran daluring sebesar 39%; 3) responden pada zona hijau lebih siap menghadapi pembelajaran daluring dibandingkan responden pada zona non-hijau; 4) Secara keseluruhan, rerata persentase kesiapan pembelajaran daluring pada semua zona sebesar 42,5%, artinya pembelajaran daluring merupakan pilihan mayoritas responden dibandingkan pembelajaran daring dan pembelajaran luring, dan 5) Apabila akan melaksanakan pembelajaran daluring, faktor dukungan pemerintah, tersusunnya penjadwalan kuliah mahasiswa dan trend penyebaran virus corona yang menurun merupakan faktor lain yang harus diperhatikan disamping faktor kesiapan mahasiswa, kesiapan dosen, faktor infrastruktur dan faktor budaya institusi.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Zanthy, E. Senjayawati, and N. ., “ANALISIS KESIAPAN PEMBELAJARAN DALURING BERDASARKAN ZONA PENDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 140, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Ahorsu, D. K., Lin, C. Y., Imani, V., Saffari, M., Griffiths, M. D., & Pakpour, A. H. (2020). The Fear of COVID-19 Scale: Development and Initial Validation. International Journal of Mental Health and Addiction. https://doi.org/10.1007/s11469-020-00270-8
Al-Qahtani, A. A. Y., & Higgins, S. E. (2013). Effects of traditional, blended and e-learning on students’ achievement in higher education. Journal of Computer Assisted Learning. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2012.00490.x
Arifin, F., & Herman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Model Web Centric Course Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.
Dhir, A., Kaur, P., Chen, S., & Pallesen, S. (2019). Antecedents and consequences of social media fatigue. International Journal of Information Management. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.021
Farhan, W., Razmak, J., Demers, S., & Laflamme, S. (2019). E-learning systems versus instructional communication tools: Developing and testing a new e-learning user interface from the perspectives of teachers and students. Technology in Society. https://doi.org/10.1016/j.techsoc.2019.101192
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Republik Indonesia.
Kosassy, S. O. (2020). Kobeko Learning Model based Web Blog (High education ballad amid the siege of Covid-19).Journal of Technology Vocational Education and Training. 1(1), 37-42.
Lalima, D., & Lata Dangwal, K. (2017). Blended Learning: An Innovative Approach. Universal Journal of Educational Research. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116
Liu, Q., Geertshuis, S., & Grainger, R. (2020). Understanding academics’ adoption of learning technologies: A systematic review. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103857
López-Pérez, M. V., Pérez-López, M. C., & Rodríguez-Ariza, L. (2011). Blended learning in higher education: Students’ perceptions and their relation to outcomes. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2010.10.023
Malik, A., Dhir, A., Kaur, P., & Johri, A. (2020). Correlates of social media fatigue and academic performance decrement: A large cross-sectional study. Information Technology and People. https://doi.org/10.1108/ITP-06-2019-0289
Ningsih, Y. L., Misdalina, M., & Marhamah, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar dan Kemandirian Belajar Metode Statistika Melalui Pembelajaran Blended Learning. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.1633
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh).
Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2020). Social Media Fatique pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19 : Peran Neurotisisme, Kelebihan Informasi, Invasi Of Live, Kecemasan, dan Jenis Kelamin. Psikologi Sosial.
Saleh, M. (2020). Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas.
Teddy, So., & Swatman, P. M. C. (2006). e-Learning readiness of Hong Kong teachers. Hong Kong IT in Education Conference.