OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS ANAK MELALUI AKTIVITAS BERMAIN AIR DI TK PERTIWI JAWI-JAWI KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK

Main Article Content

Yusnita . Neny Mahyudin

Abstract

Pembelajaran Sains Pada jenjang TK belum terlaksana dengan optimal. Hal ini menjadi landasan untuk melakukan aktivitas bermain air dapat mengoptimalkan pembelajaran sains. Jenis penelitian ini adalah penelitian  tindakan kelas yang subjek penelitian adalah TK Pertiwi Jawi-jawi Kabupaten solok tahun pelajaran 2018/2019 di kelompok B1 yang berjumlah 16 orang anak. Pengumpulan data menggunakan format observasi, dokumen dan teknik analisis data yang digunakan adalah persentase dengan tabel distribusi frekuensi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus II sikap sains anak sangat baik dan proses sains anak sangat baik. Terbukti hasil persentase meningkat dari siklus I ke siklus II, yaitu peningkatan  sikap sains anak yang baik sekali dan baik 92,5%. Peningkatan proses sains anak baik sekali dan baik 87,5 %. Ini berarti bahwa secara umum pengembangan pembelajaran sains anak sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Oleh karena itu penilaian ini dihentikan sampai siklus II pada pertemuan 4, karena ketuntasan minimal dalam pengembangan pembelajaran sains anak sudah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan Bermain air dapat mengoptimalkan pembelajaran sains di TK Pertiwi Jawi-jawi Kabupaten Solok.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. . and N. Mahyudin, “OPTIMALISASI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS ANAK MELALUI AKTIVITAS BERMAIN AIR DI TK PERTIWI JAWI-JAWI KECAMATAN GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 187, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). PENGEMBANGAN NILAI-NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI PEMBIASAAN DAN KETELADANAN. Jurnal Pendidikan Anak. https://doi.org/10.21831/jpa.v6i2.17707
Depdiknas. 2007. Metode Khusus Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan.
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS. ABDIMAS UNWAHAS. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Gita, R. S. D. (2018). PENINGKATAN PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI MELALUI PENGENALAN BAGIAN TANAMAN BERBASIS ALAM DI TK AR-RAHIM JEMBER. Jurnal Program Studi PGRA.
Hasendra, A. (2019). PENGGUNAAN BALOK ANGKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK PERTIWI KOTA JAMBI. Jurnal Literasiologi. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v2i2.42
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508
Prasetyo, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Sains Untuk Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan). https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(1).48-57
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Sri Cahya Dewi, N. K., & Suyanta, I. W. (2019). PEMBELAJARAN SENI DAN TEKNOLOGI DIGITAL SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. PRATAMA WIDYA : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. https://doi.org/10.25078/pw.v3i1.710
Syamsiah, S. (2019). Perancangan Flowchart dan Pseudocode Pembelajaran Mengenal Angka dengan Animasi untuk Anak PAUD Rambutan. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/string.v4i1.3623
Sugiyono. 2009. Memahami Penrlitian kualitatif. Bandung : Alfa Beta
Trundle, K. C., & Saçkes, M. (2015). Research in early childhood science education. In Research in Early Childhood Science Education. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9505-0
Wiresti, R. D. (2020). Analisis Dampak Work From Home pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.563