PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PASIEN PENGGUNA JASA LAYANAN KESEHATAN ONLINE

Main Article Content

Muhammad Hutomo Kurniawan . Lalu Wira Pria Suhartana

Abstract

Perkembangan layanan kesehatan berbasis digital di Tanah Air kini semakin marak. Hal ini menjadi kemajuan yang positif di bidang kesehatan karena akses yang lebih mudah bagi pasien terhadap informasi kesehatan. Konsultasi dokter melalui media online merupakan hal baru, penelitian ini menitikberatkan pada penyelenggaraan konsultasi dokter melalui media online di Indonesia dimana mereka tunduk dan wajib mematuhi UU IT, UU Kesehatan, UU Praktik Kedokteran dan undang-undang terkait lainnya dan peraturan. Dan juga terkait dengan perlindungan pasien dalam hal ini sebagai konsumen pelayanan kesehatan secara online dengan tidak mengabaikan perlindungan dari pelaku usaha yang juga memberikan pelayanan berdasarkan konsep kontrak terapeutik. Dan terkait kewajiban pemilik aplikasi dengan dokter rekanan bagi pasien yang dirugikan oleh pengguna jasa perlu diperhatikan. Dengan harapan bentuk pelayanan kesehatan online ini akan diberikan relevansi tersendiri dalam menjalankan praktek operasinya.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Hutomo, K. ., and L. W. Suhartana, “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PASIEN PENGGUNA JASA LAYANAN KESEHATAN ONLINE”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 8, no. 3, p. 967, Aug. 2020.
Section
Artikel

References

Asyhadie, Zaeni, (2017), Aspek-Aspek Hukum Kesehatan Di Indonesia, PT. RajaGrafindo Persada, Depok.
Budi Setiawan Santoso,(2015) “Perkembangan Dan Masa Depan Telemedika Di Indonesia”, Yogyakarta.
Dahlan, Sofwan,(2003), Hukum Kesehatan, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gerald J. Train, (1996), Consumer Law Its Development And Present State In The USA, Elips Project, Ujungpandang.
Irma Melyani Puspitasari, Lily I.Octovia, Ira Dewi Jani, Soegijardjo Soegijoko.(2010), An m-Health System with Integrated e-Prescription, Tuberculosis Management and Family Planning Promotion for Primary Health Care Level in Indonesia,‘SHOPS & m-Health Alliance Online Conference’.
J. Satrio., (1992), Hukum Perjanjian, PT.Citra Aditya Bakti, Bandung.
Komalawati, Veronica, (2002), Peranan Informed Consent dalam Transaksi Terapeutik, Citra Aditya Bakti, Bandung.
M. Jusuf Hanafiah dan Amri Amir, (1999), Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan, BGG, Jakarta.
Miru, Ahmadi, (2017), Prinsip-Prinsip Perlindungan Bagi Konsumen Di Indonesia, Rajawali Pers, Depok.
Miru, Ahmadi, (2017), Prinsip-prinsip perlindungan hukum bagi konsumen Di Indonesia, PT RajaGrafindo Persada, Depok.
Nasution, Bahder Jhohan, (2005), Hukum Kesehatan Pertanggungjawaban Dokter, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Nugraha, Susanti adi, (2008), Proses Penyelesaian Sengketa Konsumen Ditinjau dari Hukum Acara serta Kendala Implementasinya, PT Kencana, Jakarta.
Pujiyono, Eko, (2017), Keadilan Dalam Perawatan Medis (Penerapan Prinsip Otonomi Pasien: Teori Hukum & Praktik di Pengadilan), PT Citra Aditya Bakti, Bandung.
R. Subekti, (2001), Pokok-Pokok Hukum Perdata, Intermasa, Jakarta.
Rizky Karo Karo & Debora Pasaribu, (2018) “Aspek Hukum Konsultasi Dokter Melalui Media Online Di Indonesia,” Tadulako Master Law Journal, vol. 1, no. 1.
Rusyad, Zahir, (2018), Hukum Perlindungan Pasien “Konsep Perlindungan Hukum Terhadap Pasien Dalam Pemenuhan Kesehatan Oleh Dokter Dan Rumah Sakit”, Setara Press, Malang.


Internet:
https://teknologi.bisnis.com/read/20181010/266/847709/jonathan-sudharta-halodoc-tak-gantikan-rumah-sakit, di akses tanggal 10 juni 2020
https://dailysocial.id/post/membangun-percaya-pada-layanan-konsultasi-dokter-online-di-indonesia, di akses tanggal 11 Juni 2020
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5db2b3d5e618b/aturan-tentang-konsultasi-dokter-jarak-jauh-itelemedicine-i, di akses tanggal 11 juni 2020
https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt5db2b3d5e618b/aturan-tentang-konsultasi-dokter-jarak-jauh-itelemedicine-i, di akses tanggal 11 juni 2020
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/citahukum/article/view/8274, di akses tanggal 12 juni 2020
https://www.mutupelayanankesehatan.net/index.php/component/content/article/22/805, di askes tanggal 12 Juni 2020
https://dailysocial.id/post/membangun-percaya-pada-layanan-konsultasi-dokter-online-di-indonesia, di akses tanggal 12 Juni 2020