THE EFFECT OF USING RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) MODEL ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING POETRY

Main Article Content

kamisah S.Pd M.Pd

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan hasil aplikasi model RAFT didalam menulis puisi, untuk mengetahui apakah ada efek yang signifikan dari model RAFT pada kemampuan menulis puisi dan melihat apakah setelah menggunakan model RAFT kemampuan menulis puisi siswa lebih baik daripada sebelumnya pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tukka. Dalam melaksanakan penelitian ini peneliti menggunakan metode experiment. Dalam menganalisis data yang diperoleh peneliti melihat hubungan sebab dan akibat antara kedua variable. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tukka yang berjumlah 154 siswa. Sampel yang diambil dari populasi menggunakan cluster sampel dengan jumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi dan tes. Setelah mengumpulkan data diperoleh nilai rata-rata siswa dalam menulis puisi sebelum menggunakan  model RAFT adalah 64,50 kategori “cukup”. Sedangkan setelah menggunakan RAFT diperoleh nilai rata-rata 77, 32 kategori “bagus”. Setelah melakukan uji  ttest   dan ttable, nilai keduanya dibandingkan  dan diketahui  bahwa ttest lebih tinggi daripada ttable (ttest > ttable = 10,32 > 2,03). hal ini menunjukkan adanya efek yang signifikan dari penggunaan model RAFT pada kemampuan menulis puisi siswa pada kelas XI SMA Negeri 1 Tukka. Jadi hipotesis penelitian ini diterima

Article Details

How to Cite
[1]
kamisah M.Pd, “THE EFFECT OF USING RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) MODEL ON STUDENTS’ ABILITY IN WRITING POETRY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 22, Apr. 2018.
Section
Artikel