THE DEVELOPMENT OF MOTIONS KID'S ATHLETIC VARIATIONS TO IMPROVE CHILDREN'S DOWN SYNDROME FUNDAMENTAL SKILLS

Main Article Content

Asyhadi Fatah Abdul Rahman Syam Tuasikal Dwi Cahyo Kartiko

Abstract

Pembelajaran gerak dasar anak Down Syndrome yang kurang variatif berdampak pada pembelajarankurang menarik dan membosankan. Tujuan penelitian dan pengembangan variasi gerak kid’s atletik untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar anak Down Syndrome. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang diadopsi dari Borg dan Gall. Subjek uji coba kelompok kecil 4 peserta didik dan uji coba kelompok besar 8 peserta didik Down Syndrome di SOIna Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuisioner yang diperoleh dari ahli pembelajaran dan PJOK serta pengamatan pada peserta didik. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase. Hasil uji produk akhir dari keseluruhan penelitian diperoleh rata-rata: hasil pembelajaran 85.85% (baik). Simpulan dari penelitian bahwa produk permainan dapat digunakan serta diterapkan dalam pembelajaran bagi peserta didik Down Syndrome SOIna Jawa Timur.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Fatah, A. R. Tuasikal, and D. Kartiko, “THE DEVELOPMENT OF MOTIONS KID’S ATHLETIC VARIATIONS TO IMPROVE CHILDREN’S DOWN SYNDROME FUNDAMENTAL SKILLS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 251, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2006). Metodelogi Penelitian.Yogyakarta: Bina Aksara.
Armatas, V. (2009). Mental Retardation: Definitions, Etiology, Epidemiology And Diagnosis. Aristotle University of Thessaloniki, Greece :Journal of Sport and Health Research. 1(2):112-122.
Bandi, Dhelpie. (2010). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung: Refika Aditama.
Bertapelli et al. (2016). Overweight And Obesity In Children And Adolescents With Down Syndrome—Prevalence, Determinants, Consequences, And Interventions: A Literature Review. Research in Developmental Disabilities.181–192. http://dx.doi.org/10.1016/j.ridd.2016.06.01 8
Borg, W. R., & Gall, M. (1983). Instructor's Manual for Educational Research: to Accompany Educational Research: an introduction. New York: Longman publisher.
Bjorn,W. Locatelli,E, dan Gozzolli,C.(2002). Kid’s Athletics. International Association of Athletics Federations.
Cvejic, D. Pejovic,T. Ostojic, S.(2013). Assessment Of Physical Fitness In Children And Adolescents. Physical Education and Sport Vol. 11, N 2, pp. 135 – 145.
Depdiknas. (2007). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI (Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan).Jakarta: Depdiknas.
Fernhall, B. (1993). Physical Fitness And Exercise Training Of Individuals With Mental Retardation. Medicine & Science in Sports & Exercise, 25(4), 442–450. https://doi.org/10.1249/00005768199305001-00285.
IAAF, II. (2006). Kids’s Athletics-A Team event For Children-A Practical Guide. International Association of Athletic Federations.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: LPSP3 UI.
Mayasari, N. (2019). Layana Pendidikan Bagi Anak Tunagrahita Dengan Tipe DownSyndrome.IAINPurwokerto.DOI:10. 24090/yinyang.v14i.2019.pp111-134.
Menear, K.S. (2007). Down Syndrome Research and Practice. University of Alabama at Birmingham, Dept. of Human Studies.