PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERMUATAN LINGKUNGAN ALAM DAN SOSIAL DALAM BENTUK MAJALAH UNTUK KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP

Main Article Content

Berlanti Ifada Alfinalin Syamsul Sodiq Yuniseffendri .

Abstract

Penelitian ini berupaya menghasilkan bahan ajar teks eksposisi bermuatan lingkungan alam dan sosial dalam bentuk majalah untuk kelas VIII dengan model pembelajaran pencapaian konsep yang valid dan efektif untuk digunakan. Tahapan dalam pengembangan bahan ajar Pertiwi ini didasarkan pada tahapan pengembangan bahan ajar oleh Depdiknas (2008:12) dan disesuaikan dengan langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Tahapan pengembangan dalam penelitian ini terdiri atas: (1) tahap penelitian dan pengumpulan data yang meliputi tahap analisis kebutuhan, (2) tahap perencanaan bahan ajar yang meliputi kegiatan penyusunan peta bahan ajar dan pembuatan bahan ajar yang akan dikembangkan, (3) tahap pengembangan bahan ajar, yang meliputi kegiatan validasi produk bahan ajar, validasi RPP dan validasi THB, (4) tahap pengujian dan evaluasi bahan ajar yang meliputi kegiatan uji coba pada kelas uji coba kelompok dan kelas implementasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel. Peserta didik yang dijadikan subyek dalam uji coba kelompok adalah sepuluh peserta didik kelas VIII yang dipilih secara acak dari kelas VIII-E, VIII-F, dan VIII-G Sedangkan pada uji coba terbatas yang akan digunakan sebagai kelas implementasi adalah 32 peserta didik dari kelas VIII-H. Data penelitian ini berfokus pada proses pengembangan dan kualitas bahan ajar. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri atas wawancara, validasi, observasi, angket dan tes hasil belajar. Data kualitas bahan ajar diperoleh dari hasil uji coba produk. Hasil penelitian meliputi: (1) hasil analisis tingkat kebutuhan pengembangan bahan ajar teks eksposisi, (2) hasil analisis kevalidan produk bahan ajar yang dikembangkan, dan (3) hasil anailisis keefektifan produk bahan ajar yang dikembangkan. Data hasil tingkat kebutuhan pengembangan bahan ajar teks ekposisi diperoleh dari observasi dan wawancara dengan peserta didik dan guru yang menunjukkan kategori sangat butuh dengan persentasi 100% setuju bahwa bahan ajar yang didapat dari sekolah perlu untuk dikembangkan. Hasil validasi ahli terhadap bahan ajar Pertiwi secara keseluruhan menunjukkan skor rata-rata 3.79 dalam kategori baik untuk digunakan. Data hasil keefektifan bahan ajar Pertiwi diperoleh dari keterlaksanaan rpp yang menunjukkan 90% terlaksana, hasil belajar peserta didik yang menunjukkan N-Gain untuk tes hasil belajar berada pada kategori tinggi yaitu 0.72 dan ketuntasan klasikal sebesar 81% sehingga memenuhi standar ketuntasan KKM, serta hasil respon peserta didik yang menunjukkan rata-rata skor sebesar 3.68 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan temuan pada penelitian pengembangan bahan ajar teks eksposisi bermuatan lingkungan alam dan sosial dalam bentuk majalah dengan model pencapaian konsep dapat disimpulkan bahwa  produk bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan, artinya dari sisi kualitas, kepraktisan, keefektifan serta hasil belajar.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Alfinalin, S. Sodiq, and Y. ., “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS EKSPOSISI BERMUATAN LINGKUNGAN ALAM DAN SOSIAL DALAM BENTUK MAJALAH UNTUK KELAS VIII DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PENCAPAIAN KONSEP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 266, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran membaca berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
Alwasilah dan Alwasilah, (2005). Pokonya Menulis. Bandung: PT Kiblat Buku Utama
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
B. Uno, Hamzah. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta : Bumi Aksara.
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa, Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Amerika Serikat di Jakarta.
Bruner, J., Goodnow, J., & Austin, A. (1956). A Study of Thinking. New York: Wiley.
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Departemen Pendidikan Nasional.
Ghony, M. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. UIN-Malang Press.
Grafura, Lubis, dkk. 2019. Spirit Pedagogi Di Era Disrupsi.Yogyakarta: Laksana.
Hamalik, Oemar. 1980. Media Pendidikan. Bandung: Alumni.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ibrahim, Muslimin. 2010. Seri Pembelajaran Inovatif Konsep, Miskonsepsi dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: Unesa University Press
Ika Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang:Akademia Permata.
Ismawati, Esti. (2012). Telaah kurikulum dan pengembangan bahan ajar. Yogyakarta: Ombak.
John Dewey. 2004. Experience and Education. Bandung: Teraju (terjemahan)
Joyce & Weil. (1992). Models of Teaching. Fourth Edition. USA: Allyn and Bacon
Joyce, B. and Weil,. 2009. Model Of Teaching (edisi ke-8, cetakan ke-1) diterjemahkan oleh Achmad Fuwaid dan Atelia Mirza. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Keraf, Gorys. 1986. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Grame1dia.
Keraf, Gorys. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah
Keraf, Gorys. 1995. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah
Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lestari, Ika. (2012). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks. Bandung: Yrama Widya.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Marahimin, Ismail.1994. Menulis Secara Populer. Bandung: Pustaka Jaya.
Muhaimin. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya : CV. Citra Media.
Muhajir, As’aril. 2011. Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.
Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing, Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nasucha, Yakub., Rohmadi, Muhammad, dan Wahyudi, Agus Budi. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media perkasa.
Nasution, S. (2008). Berbagai pendekatan dalam proses belajar & mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Ramdani, Yani. 2012. “Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, dan Koneksi Matematis dalam Konsep Integral”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol 13 No 1.
Sagala, Syaiful., (2011), Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. 2008. Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarsih. C dan Nurdin. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Jurusan administrasi Pendidikan.
Udin S. Winataputra, dkk. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Universitas Negeri Surabaya. (2019). Pedoman penulisan Tesis & Disertasi tahun Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Wardhana, Yana. 2010. Teori belajar dan mengajar. Bandung: Pribumi Mekar.
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran Disesuaikan dengan Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana
Yulianto, Bambang, dkk. 2009. Model Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia. Surabaya: Unesa University Press.
Yulianto, Bambang. 2007. Pengantar Teori Belajar Bahasa. Surabaya: Unesa University Press.
Sodiq, Syamsul. 2010. Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Literasi: Disertasi. Surabaya: UNESA.