PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS SOCIO SCIENTIFIC ISSUES DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan bahan ajar berbasis Socio Scientific Issues dengan menggunakan multimedia interaktif untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar. Keterampilan berpikir kritis sangat penting pada pendidikan abad ke-21 saat ini sehingga harus ditingkatkan dengan melakukan upaya seperti membuat bahan ajar yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa dalam melaksanakan pembelajaran. Bahan ajar berbasis SSI dikembangkan menggunakan multimedia interaktif dengan model drill and practice. Fitur-fitur pada bahan ajar yang dikembangkan meliputi: a) halaman depan (sampul); b) menu utama terdiri dari beberapa fitur akses antara lain materi, LKPD, tahukah kamu?, dan LP; serta c) pengantar materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan DDD-E dari Ivers & Barron (2002) yang meliputi decide, desin, develop, dan evaluate. Subjek pada tahap uji coba adalah siswa kelas V di SDN Sememi I Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar pengamatan, lembar catatan kendala-kendala pembelajaran, lembar penilaian keterampilan berpikir kritis, dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis hasil validasi ahli, analisis lembar pengamatan kegiatan pembelajaran oleh guru dan siswa, dan analisis hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dianalisis dengan menggunakan gain score (skor peningkatan) pada nilai siswa antara pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) hasil tes keterampilan berpikir kritis seluruh siswa yang mendapatkan nilai di atas ketuntasan belajar minimal ≥ 75 inyatakan tuntas dengan rata-rata nilai post-test 91.2 dan skor n-gain sebesar 0.8 dalam kategori tinggi (b) siswa memberikan respon positif teradap pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis Socio Scientific Issues dengan menggunakan multimedia interaktif yang dapat dilihat dari persentase respon siswa sebesar 92%.
Article Details
References
Adhitama, I., Sujadi, I., & Pramudya, I. (2018). Discover the pythagorean theorem using interactive multimedia learning. Journal of Physics: Conference Series, 1008.
Borgerding, Lisa A., & Dagistan, Murat. (2018). Preservice science teachers’ concerns and approaches for teaching socioscientific and controversial issues. Journal of Science Teacher Education.
Callahan, Brendan E. 2009. Enhancing Nature of Science Understanding, Reflective judgment, and Argumentation through Socio-scientific Issues. (Dissertation). Florida: University of South Florida.
Djamas, Djusmaini., Tinedi, Vonny., & Yohandri. (2018). Development of Interactive Multimedia Learnin Materials for Improving Critical Thinking Skills. International Journal of Information and Communicattion Technology Education. 14(4), 66-84.
Ennis, Robert. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Revised Version Of A Presentation At The Sixth International Conference On Thinking At MIT, Cambridge, MA, July, 1994.
Hadi, S A., Susantini, E., & Agustini, R. (2018). Training of Students’ Critical Thinking Skills through the implementation of a Modified Free Inquiry Model. Journal of Physics: Conference Series, 947.
Hake R R. 1999. Analyzing Change/ Gain Scores. America: AREA-D American Education Research Association’s Devision D, Measurement and Research Mehodology.
Herman, Benjamin C. (2017). Students’ Environmental NOS Views, Compassion, Intent, and Action: Impact of Place-Based Socioscentific Issues Instruction. Journal of Research in Science Teacing.
Husein, Sadam., Gunawan, Harjono, Ahmad., & Wahyuni, Sri. (2019). Problem-Based Learning with Interactive Multimedia to Improve Students’ Understanding of Thermodynamic Concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1233.
Ivers, Karen S., & Barron, Ann E. (2002). Multimedia Projects in Education Designing, Producing, and Assessing. Libraries Unlimited : Teacher Ideas Press Westport Connecticut.
Munir, Sutarno, H., & Aisyah, N S. (2018). The development of interactive multimedia based on auditory, intellectually, repitition in repetition algorithm learning to increase learning outcome. Journal of Physics: Conference Series, 1013.
Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality. Dalam Plomp, T; Nieveen, N; Gustafson, K; Branch, R.M; dan van den Akker, J (eds). Design Approaches and Tools in Education and Training. London: Kluwer Academic Publisher.
OECD. 2013. PISA 2015: Draft Science Framework. Paris: OECD.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah.
Prastowo, Andi. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.
Racmadtullah, Reza., Zulela, MS., & Sumantri, Moamad Syarif. (2018). Interactive Multimedia Development Based on Scientific Approach to Civic Education Subjects in Elementary School. Interciencia Journal, 43(7), 13-21.
Rajendra, I Made., & Sudana, I Made. (2018). The Influence of Interactive Multimedia Technology to Enhance Achievement Students on Practice Skills in Mechanical Technology. Journal of Physics: Conference Series, 953.
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Santika, A R., Purwianingsih, W., & Nuraeni, E. (2018). Analysis of students critical thinking skills in socio-scientfic issues of bodiversity subject. Journal of Physics: Conference Series, 1013.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sundjana, Nana dan ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran: Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset Bandung.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Wang, Hsin-Hui., Hong, Zuway-R., & Liu, Shu-Chiu. (2018). The Impact of Socio-scientific Issue Discussions on Student Environmentalism. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(12).
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.